Connect with us

Daerah

Laporan Owner Larascasse Resort Prematur

Published

on

Claartje Lalamentik perempuan (63) warga Kalasey I Jaga III Kecamatan Mandolang Minahasa harus mendatangi kantor SPKT Polresta Manado untuk melaporkan kasus penggelapan yang dilakukan karyawannya sendiri yakni Vivi Olvie Lumi (47) warga Tikala kelurahan Taas lingkungan I selaku terlapor.

laporan dengan nomor STPLP/936/IV/2018/Sulut/Resta Manado itu diterima oleh Banit I SPKT Bripka Ivan tarandung pada Kamis (12/04/2018) sekira pukul 12.00 siang.

Kronologis kejadian sesuai dengan keterangan pelapor, sejak tahun 2012 sampai 2013 telah terjadi kasus penggelapan saat terlapor bekerja sebagai karyawan pada LA Rascase Resort milik pelapor, dimana oleh terlapor telah menggunakan uang pembayaran tamu-tamu yang menyelam, dan uang tersebut tidak disetorkan ke rekening perusahaan. Akibatnya perusahaan mengalami kerugian sekitar 300 juta rupiah.

“Laporan saya dari bulan april 2018. Dan sudah pernah dijadikan tersangka, bahkan sudah pernah ditahan. Nah sampai sekarang laporan itu belum jelas,” kata Lalamentik saat diwawancarai wartawan Selasa (27/08).

Dia sendiri mempertanyakan proses dari pihak kepolisian, padahal pihaknya sudah memenuhi permintaan dari kejaksaan yakni penambahan dua buah bukti.
“Permintaan dua bukti oleh kejaksaan sudah ada dan dilampirkan diberkas yang dikirimkan ke polresta manado, tapi berkas itu belum kembali ke kejaksaan. Seharusnya kan nanti diperiksa kejaksaan apa yang kurang, dan tentunya akan kami lengkapi,” ujarnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Manado AKP Tommy Aruan SH SIK MH saat dikonfirmasi mengatakan, kasus tersebut sedang dalam proses oleh penyidik. Kata Aruan masih ada dokumen yang perlu dilengkapi oleh pihak terlapor.

“Prosesnya masih jalan, dan masih ada dokumen Audit Akuntan Publik yang kami mintakan belum dilengkapi pihak terlapor,” terangnya sembari menegaskan pihaknya akan lakukan pemanggilan terhadap terlapor ketika semua berkas sudah bisa dilengkapi pihak pelapor.

“Kalau dokumen itu sudah dipenuhi pasti kami akan memanggil terlapor untuk diproses lebih lanjut,” pungkas Aruan. (rol)

Continue Reading

Bitung

Polisi dan Warga Evakuasi Mayat di Pantai Manembo-nembo

Published

on

By

Bitung, Trensulut.com– Penemuan mayat seorang laki-laki di Pantai Manembo-nembo Bitung menggemparkan warga. Mayat laki-laki tersebut diketahui bernama Renoto Sekata (47), berprofesi sebagai nelayan, warga Kelurahan Manembo-nembo Lk III, Rt 004.

Mendengar kabar penemuan mayat, Kapolsek Matuari Kompol Dolfie Rengkuan bersama Personil Reskrim langsung mendatangi TKP, Senin (21/09/2020).

Berdasarkan keterangan isteri korban bernama Rince Purnama Sari (40), sekitar pukul 08.00 wita suaminya pamit hendak melaut mencari ikan. Namun beberapa jam kemudian ia dikejutkan dengan berita suaminya diketemukan meninggal dunia.

Keterangan saksi lelaki Gilberd dan Jainal Abidin menjelaskan pada saat sedang bekerja mengangkat batu di sekitar TKP, mereka melihat perahu milik korban hanyut, seketika itu kedua saksi mendekati dengan maksud menarik perahu namun dikejutkan melihat ada orang mengenakan kaos merah terapung di laut dekat pantai maka keduanya langsung menyampaikan kepada warga sekitar.

Keluarga korban menolak dilakukan otopsi terhadap korban dan meminta jenazah dibawa ke rumah duka. Keluarga meyakini bahwa kematian korban disebabkan oleh penyakit bawaan hipertensi.

“Karena adanya penolakan dari keluarga untuk diotopsi, kita kemudian membuat berita acara penolakan,” singkat Kapolsek dilansir tribratanews Polda Sulut. (trb/*)

Continue Reading

Daerah

Pulihkan Pariwisata, Pemerintah Siapkan Rp 24 M

Published

on

By

UPAYA pemulihan sektor pariwisata yang terpuruk akibat pandemi corona, diupayakan pemerintah. Salah satunya melalui dana Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan dana Program Kemitraan Pertamina.

Asisten Deputi Akses Permodalan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Suparman mengatakan, BIP bertujuan untuk penambahan modal kerja atau investasi dalam rangka meningkatkan kapasitas usaha dan produksi pelaku usaha ekonomi kreatif dan pariwisata. Tahun ini pemerintah akan menyalurkan dana sebesar Rp 24 miliar untuk 6 sub sektor.

Enam sub sektor ekonomi kreatif tersebut yakni, aplikasi game developer, kriya, fesyen, kuliner, film, dan sektor pariwisata. Misalnya homestay dan usaha pariwisata khusus di lokasi desa wisata. “Di tahun 2020 pemerintah akan menyalurkan Rp 24 miliar untuk 6 subsektor ekonomi kreatif dan sektor pariwisata,” kata Suparman di Jakarta, Jumat (19/06) dilansir merdeka.com. (mdc/*)

Continue Reading

Bitung

Orda Sulut dan Balmon Manado Gelar Unar Maret 2020

Published

on

By

UJIAN Negara Amatir Radio (Unar) akan kembali digelar di wilayah Orda (ORARI Daerah) Sulawesi Utara, Maret tahun 2020 ini. Informasi yang diperoleh dari Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Manado dan Orda Sulut menyebutkan, UNAR akan dilangsungkan di dua tempat. Yakni tanggal 14 Maret di Kota Bitung dan tanggal 18 Maret di Kota Kotamobagu. Hal ini turut dibenarkan Ketua ORDA Sulut Erwin Tandaju (YC8RET). 

Tandaju mengatakan, bagi mereka yang ingin mengikuti UNAR bisa melakukan pendaftaran lewat online. Sedangkan syarat pendaftaran memiliki email, e-KTP, pas foto terbaru dengan latar belakang merah, serta mendapatkan surat rekomendasi dari ORARI khususnya untuk peserta ujian kenaikan tingkat.

“Bagi peserta yang berusia di bawah 17 tahun, ada surat pernyataan tidak keberatan dari orangtua/wali atau keterangan dari kepala sekolah,” ungkap Tandaju. Terkait biaya pendaftaran, untuk tingkat siaga Rp50 ribu, Penggalang Rp75.000 dan Penegak Rp100.000. “Unar nantinya akan menggunakan sistem full CAT (Computer Assisted Test),” tukas Tandaju seperti dilansir dari www.komentaren.net.

Jika Anda ingin ikut sebagai peserta Unar, dapat mendaftarkan diri lewat online dengan membuat e-licensing. Caranya, pertama calon peserta Unar harus memiliki email. Atau kalau belum ada email, bisa membuat email pribadi. Setelah itu, membuat akun e-Licensing di website perizinan daring SDPPI yakni (http://iar-ikrap.postel.go.id).

Panjang username minimal 6 karakter dan maksimal 30 karakter (hanya bisa terdiri dari alphabet, angka, titik, dan garis bawah). Kemudian Anda bikin password yang harus memiliki minimal 1 angka, 1 huruf besar, dan 1 huruf kecil dengan jumlah 8 karakter.

Setelah itu sistem akan mengirimkan notifikasi melalui alamat email Anda yang terdaftar untuk konfirmasi registrasi akun. Buka email Anda, dan melakukan konfirmasi dengan klik tautan yang dikirimkan oleh sistem ke email calon peserta.

Berikutnya, calon peserta login dengan akun yang telah terverifikasi. Klik “Permohonan Baru UNAR”. Di situ perlu melengkapi isian data pemohon, dengan melampirkan :

  • Pas Foto Resmi Terbaru (file max 512 kb), dengan latar belakang merah.
  • Scan KTP (file max 512 kb)
  • Surat Keterangan dari Orang Tua atau Wali atau Kepala Sekolah bagi yang belum berusia 17 Tahun (unggah pada kolom file persyaratan)

Nah, calon peserta yang telah diverifikasi oleh Panitia Pelaksana UNAR, akan diterbitkan invoice/SPP. Kemudian Anda melakukan pembayaran invoice/SPP secara online melalui sistem host to host pada Bank yang ditunjuk oleh Pemerintah (Bank Mandiri, BNI, BRI). Terakhir, calon peserta mencetak kartu ujian melalui akun e-Licensing. Kartu ini kemudian dibawa pada saat mengikuti UNAR sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. (krn/*)

Continue Reading

Trending