Connect with us

Pendidikan

Dr Keppel Dekan Faked Unsrat yang Baru

Published

on

DR dr Billy Johnson Keppel M Med Sc, akhirnya dilantik sebagai Dekan Fakultas Kedokteran (Faked) Unsrat periode 2019-2023, setelah terpilih dengan suara terbanyak pada Pemilihan Dekan Faked Unsrat, Rabu (20/02) kemarin seperti dilansir Harian Komentaren. Keppel  mengungguli dua saingannya, DR dr John Pitra Porotu’o MHA MSi AIFO dan Prof DR dr Josef Sem Berth Tuda M Kes Sp Park (K), pada pemilihan yang berlangsung di fakultas penghasil dokter tersebut.

Keppel berhasil meraup 40 suara, sedangkan dua rivalnya, Prof Tuda berada di tempat kedua terbanyak dengan 15 suara, dan DR Porotu’o harus puas di posisi juru kunci dengan 7 suara.

Proses pemilihan yang berlangsung demokratis tersebut, disaksikan dan diikuti langsung Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA, yang juga Plt Dekan Fakultas Kedokteran Unsrat. Bahkan Kumaat ikut memberikan tanggapan dan melontarkan pertanyaan terhadap ketiga calon dekan saat menyampaikan visi dan misi masing-masing.

Menariknya, saat bertanya, rektor meminta agar menggunakan bahasa Inggris. “Saya minta ketiga calon dekan untuk berdiri. Jawab pertanyaan saya dalam bahasa Inggris,” kata Rektor Kumaat. Prof Josef Sem Berth Tuda dan Dr Billy Johnson Keppel langsung memberikan jawabannya. Sementara, calon lainnya Dr John Pitra Porotu’o menyampaikan permohonan maafnya, dan mengakui  kekurangannya untuk menjawab dalam bahasa Inggris.

 Usai penyampaian visi misi, sidang senat Fakultas Kedokteran dilaksanakan secara tertutup yang dilanjutkan dengan pemilihan dekan. Setelah diketahui meraih suara terbanyak, Keppel akhirnya disahkan sebagai nakhoda baru Faked Unsrat periode 2019 – 2023 dan langsung dilantik rektor, Rabu (20/02) sorenya.

Di era Keppel, Faked Unsrat nantinya akan menerapkan deadline bagi para mahasiswanya. Hal ini sempat disentil Rektor Unsrat Prof Dr Ellen Kumaat saat melantik ratusan dokter baru, Selasa (19/02) lalu. Rektor menegaskan, pihaknya akan menertibkan akademik dengan menetapkan deadline bagi mahasiswa Faked yang sudah meraih gelar sarjana kedokteran, agar segera menempuh profesi dokter paling lambat 4 tahun. (kom)

Continue Reading

Berita Utama

Bos…Bos….Mulai 2020 Ini, Dana BOS Langsung ke Rekening Sekolah

Published

on

By

MULAI tahun 2020 ini, penyaluran dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) bakal ditranfer langsung dari pemerintah pusat ke rekening sekolah. Pemerintah Daerah sendiri tidak lagi menyalurkan dana BOS, melainkan hanya memonitoring.  Hal ini diungkapkan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Ainun Naim.

“(Penyalurannya) dari Kementerian Keuangan langsung ke sekolah. Ini supaya lebih efisien dan lebih cepat tersalur karena jalurnya langsung,” kata Ainun dilansir Media Indonesia, Rabu (15/01/ 2020). Ainun menjelaskan, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berkordinasi dengan Kemenkeu untuk memberikan data setiap sekolah guna menentukan jumlah dana yang dibutuhkan. Sedangkan pemerintah daerah yang sebelumnya turut menyalurkan dana BOS saat ini bertugas memonitor kinerja sekolah.

“Sekolah-sekolah sekarang di bawah pemerintah daerah, SD dan SMP untuk Kabupaten dan SMA untuk Provinsi. Mereka memonitor terkait kinerja sekolah,” ujarnya. Sedangkan terkait pengawasan dalam pengelolaan dana BOS ke depannya, Ainun mengatakan, sudah ada perangkat-perangkat yang bertugas untuk mengawasi. (mi/sbr)

Continue Reading

Pendidikan

Ajari Siswa Miskin, Guru Ini Dapat Rp13,7 Miliar

Published

on

By

Andria Zafirakou dapat penghargaan atas dedikasinya mengajari siswa miskin.

DEDIKASI guru seni di Inggris ini dengan mengajari siswa-siswa miskin, membuatnya memenangkan kompetisi yang diikuti pengajar di dunia. Dia pun membawa hadiah senilai 1 juta dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 13,7 miliar.

Nama si guru tersebut adalah Andria Zafirakou (39). Dia mendapatkan penghargaan Global Teacher Prize yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab, Minggu (18/03/2018) lalu.

Andria mengajar anak-anak di dalam kota London, membantu murid untuk merasa diterima dan memastikan mereka selamat di sebuah kota yang memiliki tingkat pembunuhan tertinggi di Inggris.

ABC News melaporkan, Andria mengalahkan 30.000 peserta lainnya dari seluruh dunia dalam kompetisi yang digelar untuk menghormati seorang guru yang selama setahun memberikan kontribusi signifikan terhadap profesinya.

Ada sekitar 130 bahasa yang berbeda di pinggiran London. Dia juga mempelajarai kata-kata dasar dalam bahasa Hindi, Tamil, dan Gujarat. Muridnya berasal dari beberapa keluarga termiskin di Inggris, dengan orangtua yang tidak bisa berbahasa Inggris.

Untuk terus memastikan anak-anak dapat bersekolah, dia membangun hubungan dengan para orangtua murid, menemani murid di bus, dan berdiri di gerbang sekolah dengan petugas polisi untuk menyambut murid. “Selalu menyenangkan dengan menyapa mereka, dalam bahasa mereka, dan kemudian membuat mereka tersenyum,” katanya seeprti dilansir The Associated Press. (ap/sbr)

Continue Reading

Boltim

Assegaf : Guru Sosok Utama Dalam Dunia Pendidikan

Published

on

By

SEKRETARIS Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Ir Hi Muhammad Assagaf mengatakan guru adalah sosok utama dalam satuan pendidikan. Hal itu disampaikan Sekda saat memimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional ke-72 di halaman Kantor Bupati Boltim, Senin (27/11).

Dihadapan peserta upacara, Sekda mengingatkan pentingnya memuliakan Guru karena tidak ada yang sukses tanpa Guru. Semua pernah merasakan bimbingan Guru lewat pendidikan dan pembentukan karakter sehingga menjadi pribadi tangguh dan berhasil.

“Peringatan Hari Guru penting karena tanpa Guru kita tidak ada. Siapa lagi yang menghargai Guru kalau bukan kita,” tutur Sekda.

Sekda menghimbau agar tanggungjawab mendidik tidak semata dibebankan kepada Guru, tetapi secara moral merupakan tanggungjawab bersama.

“kita harus mendukung Guru. Jangan biarkan Guru sendirian membina generasi penerus. 80 persen adalah tugas kita untuk membina,” ujarnya.
Upacara turut dihadiri pelajar dan guru se Kecamatan Tutuyan serta ASN di lingkup Pemkab Boltim. (fac)

Continue Reading

Trending