Connect with us

Berita Utama

Ahok Dapat Penghargaan Dunia

MANTAN Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang kini sedang mendekam di penjara, mendapatkan penghargaan dunia. Ahok masuk dalam daftar Global reThinkers 2017.

Nama-nama yang masuk dalam daftar ‘Pemikir Ulang Global’ 2017 tersebut adalah para pemimpin terkemuka dan intelektual dunia hasil pilihan majalah Foreign Policy dari Amerika Serikat.

“Tahun ini, Foreign Policy dengan bangga mempersembahkan Global reThinkers — para legislator, teknokrat, komedian, advokat, pengusaha, pembuat film, presiden, provokator, tahanan politik, periset, ahli strategi, dan visioner — yang secara bersama-sama menemukan cara yang luar biasa, tak hanya untuk memikirkan kembali dunia kita yang baru dan aneh ini, tapi juga membentuknya kembali. Mereka adalah orang-orang yang bertindak, yang mendefinisikan 2017,” demikian dikutip dari situs Foreign Policy.

Selain Ahok sejumlah nama-nama besar dunia masuk dalam daftar. Ada Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Gambia Adama Barrow, juga Dubes AS untuk PBB, Nikki Haley.
Ada pula dalam daftar mantan tangan kanan Donald Trump, Steve Bannon; prajurit transgender yang membocorkan rahasia AS, Chelsea Manning; seniman Ai Wei Wei; juga Leila de Lima, senator Filipina yang menjadi pengkritik terdepan Presiden Rodrigo Duterte.

“Untuk tetap berdiri di tengah fundamentalisme yang sedang bertumbuh di Indonesia,” demikian alasan Foreign Policy memilih Ahok. Dalam narasinya, associate editor di Foreign Policy, Benjamin Soloway menyebut, saat terjun ke dunia politik di Jakarta pada 2012, Ahok tak sesuai dengan profil politikus pada umumnya.

“Ia bermulut tajam, keturunan Tionghoa, dan seorang Protestan di negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia,” kata Soloway. Pada awalnya, dia menambahkan, latar belakang Ahok tak menjadi masalah. Namun, situasi berbalik pada 2017.

Gara-gara sebuah pidatonya, Ahok dinyatakan bersalah dalam kasus penistaan agama, kalah dalam pilkada, dan akhirnya dipenjara. Di sisi lain, Soloway menyoroti apa yang dilakukan dalam tiga tahun Ahok memerintah di Jakarta. Ia melawan korupsi, memperluas akses warga pada layanan kesehatan dan sosial lainnya, mengeruk kanal, memperbaiki transportasi publik, dan melakukan kampanye untuk membersihkan birokrasi yang membuatnya mendapatkan tingkat penerimaan publik yang tinggi.

Meski prestasinya diakui, kebiasaan memarahi birokrat yang tidak kompeten mendapat pujian luas, di sisi lain ia punya banyak musuh. Terutama mereka yang digusur untuk membuka jalan bagi reklamasi dan proyek pembangunan lain. Soloway menambahkan, saat Ahok divonis pidana, para pendukungnya menggelar aksi protes, tak hanya di seluruh Indonesia, tapi juga di sejumlah titik dunia. PBB dan organisasi HAM Human Rights Watch juga mengutuk pemidanaan tersebut.

Mengutip perkataan Andreas Harsono dari Human Rights Watch, pemenjaraan Ahok dianggap sebagai seruan yang membangunkan (wakeup call) bagi rakyat Indonesia: bahwa ada masalah serius soal kebebasan beragama dan diskriminasi terhadap kaum minoritas di Tanah Air.

Dengan kehilangan kebebasannya, Ahok mungkin mendorong orang lain untuk mengarahkan negara kembali ke ‘jalan tengah’. Sebelumnya, pada 2013, Joko Widodo alias Jokowi juga masuk ke dalam daftar The Leading Global Thinkers of 2013 versi Foreign Policy. Kala itu, Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ahok menjadi wakilnya.
BURSA CAPRES
Ahok sendiri menempati posisi nomor empat dalam survei elektabilitas tokoh menjelang Pemilihan Presiden 2019 buatan Indo Barometer. Ahok mendapat 3,3 persen dari total 1.200 responden di 34 provinsi dalam survei yang dilakukan 15-23 November 2017 tersebut.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo berada di bawah Ahok, sedangkan posisi puncak diduduki Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

“Pak BTP alias Ahok dikenal anti korupsi, bersih, dan transparan,” kata Jack Lapian. Jack adalah pendukung fanatik Ahok pada Pilkada DKI Jakarta 2017 sekaligus pendiri BTP (Basuki Tjahaja Purnama) Network atau jaringan pendukung Ahok. Jack Lapian pula yang melaporkan Ahmad Dhani ke polisi dengan dugaan ujaran kebencian via media sosial Twitter.

Menurut dia, hasil survei Indo Barometer itu menunjukkan bahwa Ahok masih berada dalam top of mind publik secara nasional. Itu sebabnya, nama Ahok disebut oleh responden dalam jajak pendapat tersebut padahal Ahok masih berstatus narapidana.

Jack menuturkan, kampanye SARA ternyata tak meracuni mayoritas mastarakat Indonesia. Hasil survei Indo Barometer, dia melanjutkan, juga menyiratkan bahwa masyarakat sudah jenuh disuguhi konflik berlandaskan kebencian suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Jack Lapian lantas mengutip pidato Presiden Jokowi di Istana pada 4 November 2016 ketika sedang marak demonstrasi yang menuntut Ahok diadili karena penodaan agama. “Agama telah ditunggangi oleh aktor-aktor politik,” ujarnya menulangi ucapan Jokowi. Menurut Jack, dari hasil survei Indo Barometer dapat dilihat bahwa masyarakat bisa menilai Ahok dengan hati nurani dan mengabaikan serangan soal SARA. “Intinya dari hasil survei ini tampak Pancasila dan keberagaman agama. Ini sangat baik untuk keutuhan NKRI.” (tnc/sbr/ts)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Utama

Pendaftaran CPNS 2018 Ditunda Hingga 26 September

PENDAFTARAN Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 terpaksa ditunda hingga 26 September 2018 mendatang. Penundaan itu diduga lantaran Badan Kepegawaian Negara (BKN) belum siap untuk menyelenggarakan CPNS. Padahal, sesuai dengan rencana seharusnya pendaftaran CPNS sudah mulai dibuka Rabu (19/09/2018) ini.

Pendaftaran dilakukan melalui situs resmi BKN https://sscn.bkn.go.id namun hingga Rabu pagi situs itu masih belum bisa diakses. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Perencanaan dan Pendayagunaan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Chaidir. Chaidir mengatakan, pihaknya baru menerima surat edaran pengumuman dari BKN pagi ini mengenai penundaan pembukaan pendaftaran CPNS 2018.

“Sedianya hari ini pelamar sudah bisa scan (daftar), tapi pagi ini kami terima edaran dari BKN ditunda tanggal 26 September pendaftarannya,” kata Chaidir seperti dilansir Suara.com, Rabu (19/9/2018).

Chaidir mengakui ia tidak mengetahui secara pasti alasan penundaan pendaftaran CPNS itu lantaran menjadi ranah keputusan BKN pusat. Namun, ia menduga masih ada ketidaksiapan BKN maupun instansi lainnya dalam proses CPNS 2018.

Penundaan pendaftaran CPNS berlaku untuk seluruh wilayah di Indonesia, bukan hanya Jakarta saja. Chaidir pun meminta masyarakat yang telah bersiap mendaftar CPNS agar bersabar dan memantau terus perkembangan ataupun pengumuman dari BKN. “Dari BKN kaitan belum siap apa gimana enggak paham, pokoknya ditunda lebih lanjut sampai secepatnya dibuka 26 september,” ungkap Chaidir. (scm/*)

Continue Reading

Berita Utama

RR-RD Call Center Siap Action

ROR Kunjungi Ruangan Jakarta Smart City

ROR mendengar langsung pemaparan terkait Jakarta Smart City

KOMITMEN Bupati Minahasa dan Wakil Bupati Minahasa terpilih, Royke O Roring (ROR)-Robby Dondokambey (RD) untuk menjadikan Kabupaten Minahasa sebagai kabupaten yang hebat, mulai Action

Lihat saja ketika ROR melakukan kunjungan ke Balai Kota DKI Jakarta dan langsung menuju ruang Jakarta Smart City untuk melihat fasilitas di dalamnya, Selasa (18/09/2018). Dalam kunjungan tersebut, ROR mengatakan pembenahan semua sektor akan dilakukan dengan berbagai inovasi, pada terwujudnya pelayanan publik di kabupaten Minahasa. Konsep kabupaten Minahasa hebat sendiri akan secepatnya diterapkan di Tanah Toar Lumimu’ut.

“Pemprov DKI Jakarta menunjukkan konsep pelayanan masyarakat berbasis elektronik, Jakarta Smart City merupakan program yang bermanfaat untuk membangun Kota Jakarta dengan menggunakan teknologi informasi dan data. Tujuannya guna menjadikan Jakarta layak huni. Dengan aplikasi ini diharapkan masyarakat dapat bersama-sama memantau agar menjadi baik,” katanya.

Jakarta Smart City, kata ROR, mengintegrasikan seluruh data dan informasi dari SKPD terkait dengan menggunakan algoritma dan visualisasi pemetaan. “Dalam aplikasi ini terdapat konten yang disebut QLUE, dimana masyarakat cukup memotret peristiwa yang akan dilaporkan dan menyertakan alamat, maka info tersebut akan diteruskan oleh admin kepada instansi terkait dan diselesaikan maksimal dua hari lamanya,” tegasnya

Dengan demikian program Jakarta Smart City ini, masyarakat dapat mengetahui setiap program hingga harga bahan pokok di pasar tradisional. Selain itu, ada banyak program lainnya yang ikut dipaparkan Pemprov DKI. Misalnya terkait keamanan, Jakarta saat ini telah dilengkapi dengan 6.000 lebih CCTV dan bekerja sama dengan TNI/Polri agar tercipta keamanan bagi masyarakat dalam beraktivitas.

ROR mengaku kagum melihat perkembangan dan kreativitas Pemda Provinsi DKI Jakarta saat ini. Inilah “Tujuan saya ke sini untuk belajar dan bisa memperoleh ilmu untuk diterapkan di Minahasa. Nantinya apa yang didapat akan segera diimplementasikan dalam program kita ke depan, khususnya untuk RR-RD call center (reaksi, respond, relief daerah). Supaya kedepan Minahasa akan lebih optimal dalam pelayanan kepada masyarakat dan tujuan kita untuk menjadikan daerah sebagai kabupaten hebat dapat tercapai,” pungkasnya.(mtr)

Continue Reading

Berita Utama

Gereja-Gereja Ditutup, Kegiatan Kristen Makin Dibatasi di Cina

Aktivitas Peribadatan Warga Kristen di Cina makin terkekang.

MINGGU 9 September 2018 lalu, pemerintah Cina menutup gereja rumah terbesar yang ada di Beijing. Seiring dengan itu, kegiatan kristen di Cina makin ketat dibatasi. Pemerintah mengusung peraturan baru yang tidak mengijinkan warga kristen berdoa, membaca Alkitab, melakukan baptis, ibadah, dan kegiatan kekristenan lainnya.

Selain itu, Kantor State Administration for Religious Affair (SARA), seperti dilansir jawaban.com yang dilansir dari christianitytoday memposting sebuah draf tentang peraturan baru mengenai kegiatan keagamaan secara online yang berisi larangan streaming kegiatan upacara melalui internet. Hal ini termasuk doa, berkhotbah, atau hal lainnya yang dilakukan melalui internet.

Kebijakan dari pemerintahan Cina soal kegiatan keagamaan terkandung dalam 35 artikel, yang menurut AsiaNews dinilai jauh lebih ketat dan analitis. Misalnya mereka menetapkan kalau siapapun yang ingin membuka sebuah agama tertentu, diwajibkan untuk meminta izin dari pihak berwenang dan telah dinilai sehat secara moral dan dapat dipercaya secara politis.

Sebagai catatan, orang-orang Hongkong dan Taiwan juga akan dilarang memberikan pelayanan kegiatan keagamaan melalui media internet pada seluruh warga di Cina. Ini akan berlaku untuk banyak aktivitas online, yaitu informasi yang melibatkan agama, termasuk yang berkaitan dengan doktrin agama, pengetahuan agama, budaya agama, atau kegiatan keagamaan, yang ditransmisikan sebagai teks, gambar, audio atau video melalui sarana situs web Internet, aplikasi, forum, blog, mikroblog, akun publik, pesan instan, atau live streaming online.

Penyedia materi online semacam ini harus disetujui oleh negara, dan harus mematuhi undang-undang yang ada serta secara aktif mampu menyesuaikan agama dengan sosialisme yang dianut oleh Cina, serta melestarikan kesatuan etnis dan stabilitas sosial. Hal ini berarti situs website, blog atau media pelayanan lain tidak boleh mengandung kata kunci keagamaan kecuali pada kelompok keagamaan tertentu.

Baik organisasi maupun individu yang berdiri tanpa hadirnya lisensi akan dilarang untuk mengajar atau melakukan kegiatan agama tertentu, termasuk dengan cara online, bahkan warga juga dilarang untuk meneruskan atau menautkan konten yang berisikan agama. (jwb/cnt)

Continue Reading

Berita Utama

“Atomy” Hadir di Indonesia 2018

BAKAL LAHIR BANYAK JUTAWAN BARU

Atomy di Korea ketika menyambut Atomy dari Canada.

 

SETELAH sukses di Amerika Serikat, Jepang, Canada, Malaysia dan negara besar lainnya, kini produk bisnis binary Atomy asal Korea Selatan, akan dibuka untuk Indonesia. Diperoleh informasi, website Atomy Indonesia akan dibuka tanggal 24 Oktober 2018.

Di Malaysia sendiri, dalam 1,5 tahun setelah Atomy dibuka, ada ribuan orang yang berhasil memperoleh income 20-100 Juta Rp/bulan. Pasalnya, produk Atomy sangat berkualitas dan sistem penjualannya yang mudah dijalankan.

Disebut-sebut pasar Indonesia lebih luas dari Malaysia. Sehingga diperkirakan dalam kurun waktu 1 sampai 1,5 tahun ke depan, peluang bisnis yang sedang booming ini akan melahirkan banyak jutawan baru di Indonesia.

Menariknya, untuk bergabung dalam Atomy sebagai member yang akan mengantongi id untuk bertransaksi dalam website Atomy, tidak memerlukan uang pendaftaran. Untuk bergabung dengan Atomy gratis. Di Kota Manado sendiri, Atomy sudah mulai populer dan saat ini semakin banyak warga Sulut yang sudah mendaftarkan diri sebagai member. (ts/*)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: