Connect with us

Berita Utama

Ahok Dapat Penghargaan Dunia

MANTAN Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang kini sedang mendekam di penjara, mendapatkan penghargaan dunia. Ahok masuk dalam daftar Global reThinkers 2017.

Nama-nama yang masuk dalam daftar ‘Pemikir Ulang Global’ 2017 tersebut adalah para pemimpin terkemuka dan intelektual dunia hasil pilihan majalah Foreign Policy dari Amerika Serikat.

“Tahun ini, Foreign Policy dengan bangga mempersembahkan Global reThinkers — para legislator, teknokrat, komedian, advokat, pengusaha, pembuat film, presiden, provokator, tahanan politik, periset, ahli strategi, dan visioner — yang secara bersama-sama menemukan cara yang luar biasa, tak hanya untuk memikirkan kembali dunia kita yang baru dan aneh ini, tapi juga membentuknya kembali. Mereka adalah orang-orang yang bertindak, yang mendefinisikan 2017,” demikian dikutip dari situs Foreign Policy.

Selain Ahok sejumlah nama-nama besar dunia masuk dalam daftar. Ada Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Gambia Adama Barrow, juga Dubes AS untuk PBB, Nikki Haley.
Ada pula dalam daftar mantan tangan kanan Donald Trump, Steve Bannon; prajurit transgender yang membocorkan rahasia AS, Chelsea Manning; seniman Ai Wei Wei; juga Leila de Lima, senator Filipina yang menjadi pengkritik terdepan Presiden Rodrigo Duterte.

“Untuk tetap berdiri di tengah fundamentalisme yang sedang bertumbuh di Indonesia,” demikian alasan Foreign Policy memilih Ahok. Dalam narasinya, associate editor di Foreign Policy, Benjamin Soloway menyebut, saat terjun ke dunia politik di Jakarta pada 2012, Ahok tak sesuai dengan profil politikus pada umumnya.

“Ia bermulut tajam, keturunan Tionghoa, dan seorang Protestan di negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia,” kata Soloway. Pada awalnya, dia menambahkan, latar belakang Ahok tak menjadi masalah. Namun, situasi berbalik pada 2017.

Gara-gara sebuah pidatonya, Ahok dinyatakan bersalah dalam kasus penistaan agama, kalah dalam pilkada, dan akhirnya dipenjara. Di sisi lain, Soloway menyoroti apa yang dilakukan dalam tiga tahun Ahok memerintah di Jakarta. Ia melawan korupsi, memperluas akses warga pada layanan kesehatan dan sosial lainnya, mengeruk kanal, memperbaiki transportasi publik, dan melakukan kampanye untuk membersihkan birokrasi yang membuatnya mendapatkan tingkat penerimaan publik yang tinggi.

Meski prestasinya diakui, kebiasaan memarahi birokrat yang tidak kompeten mendapat pujian luas, di sisi lain ia punya banyak musuh. Terutama mereka yang digusur untuk membuka jalan bagi reklamasi dan proyek pembangunan lain. Soloway menambahkan, saat Ahok divonis pidana, para pendukungnya menggelar aksi protes, tak hanya di seluruh Indonesia, tapi juga di sejumlah titik dunia. PBB dan organisasi HAM Human Rights Watch juga mengutuk pemidanaan tersebut.

Mengutip perkataan Andreas Harsono dari Human Rights Watch, pemenjaraan Ahok dianggap sebagai seruan yang membangunkan (wakeup call) bagi rakyat Indonesia: bahwa ada masalah serius soal kebebasan beragama dan diskriminasi terhadap kaum minoritas di Tanah Air.

Dengan kehilangan kebebasannya, Ahok mungkin mendorong orang lain untuk mengarahkan negara kembali ke ‘jalan tengah’. Sebelumnya, pada 2013, Joko Widodo alias Jokowi juga masuk ke dalam daftar The Leading Global Thinkers of 2013 versi Foreign Policy. Kala itu, Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ahok menjadi wakilnya.
BURSA CAPRES
Ahok sendiri menempati posisi nomor empat dalam survei elektabilitas tokoh menjelang Pemilihan Presiden 2019 buatan Indo Barometer. Ahok mendapat 3,3 persen dari total 1.200 responden di 34 provinsi dalam survei yang dilakukan 15-23 November 2017 tersebut.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo berada di bawah Ahok, sedangkan posisi puncak diduduki Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

“Pak BTP alias Ahok dikenal anti korupsi, bersih, dan transparan,” kata Jack Lapian. Jack adalah pendukung fanatik Ahok pada Pilkada DKI Jakarta 2017 sekaligus pendiri BTP (Basuki Tjahaja Purnama) Network atau jaringan pendukung Ahok. Jack Lapian pula yang melaporkan Ahmad Dhani ke polisi dengan dugaan ujaran kebencian via media sosial Twitter.

Menurut dia, hasil survei Indo Barometer itu menunjukkan bahwa Ahok masih berada dalam top of mind publik secara nasional. Itu sebabnya, nama Ahok disebut oleh responden dalam jajak pendapat tersebut padahal Ahok masih berstatus narapidana.

Jack menuturkan, kampanye SARA ternyata tak meracuni mayoritas mastarakat Indonesia. Hasil survei Indo Barometer, dia melanjutkan, juga menyiratkan bahwa masyarakat sudah jenuh disuguhi konflik berlandaskan kebencian suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Jack Lapian lantas mengutip pidato Presiden Jokowi di Istana pada 4 November 2016 ketika sedang marak demonstrasi yang menuntut Ahok diadili karena penodaan agama. “Agama telah ditunggangi oleh aktor-aktor politik,” ujarnya menulangi ucapan Jokowi. Menurut Jack, dari hasil survei Indo Barometer dapat dilihat bahwa masyarakat bisa menilai Ahok dengan hati nurani dan mengabaikan serangan soal SARA. “Intinya dari hasil survei ini tampak Pancasila dan keberagaman agama. Ini sangat baik untuk keutuhan NKRI.” (tnc/sbr/ts)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Utama

Wow ! Seluruh Warga di Perumahan Ini Memiliki Pesawat Terbang

Setiap rumah memiliki hanggar pesawat.

SEBUAH kompleks perumahan di bagian timur laut Florida, Amerika Serikat, menjadi salah satu lokasi tempat tinggal paling unik di dunia. Dikenal sebagai Spruce Creek, komplek perumahan ini merupakan tempat tinggal dari 5.000 penduduk. Namun yang bikin berbeda, seluruh penduduk di sana ternyata memiliki pesawat terbang.

Pesawat pribadi diparkir di kompleks perumahan.

1.300 rumah yang ada di perumahan ini rata-rata memiliki hanggar pesawat terbang. Dilansir dari Amusingplanet.com, Selasa (12/12/2017) sebanyak 700 hanggar pesawat dilaporkan berdiri di dalam komplek tersebut.

Tak hanya sampai di situ, kebanyakan rumah di Spruce Creek memiliki hanggar pribadi dengan landasan yang dinavigasikan GPS. Hal ini tak terlalu mengherankan karena warga Spruce Creek kebanyakan memang pilot profesional sehingga mereka memiliki pesawat pribadi yang terparkir di garasi mereka.

Tak hanya pilot, penghuni perumahan tersebut pun ada yang berprofesi lainnya seperti dokter dan pengacara. Namun sebagian besar dari mereka sangat terobsesi dengan pesawat. Jika Anda datang ke sana, jangan heran apabila bisa pesawat yang lalu lalang bepergian.

Salah satu artis yang tinggal di sini adalah John Travolta. Tak banyak yang tahu, bintang film Grease tersebut ternyata memiliki lisensi pilot. Tapi, artis satu ini ternyata pernah mendapat komplain dari penduduk sekitar karena mengemudikan pesawat Boeing 707 dan Gulfstream II di landasan komplek.

Perumahan komunitas penerbangan Spruce Creek ini bukanlah satu-satunya di Amerika. Konsep perumahan penerbang pribadi dikembangkan setelah Perang Dunia II karena Amerika memiliki terlalu banyak pilot dari 34 ribu orang jadi 400 ribu. Akhirnya pemerintah membuka lahan pemukiman di seluruh negeri yang mengakomodasi kemampuan penerbangan mereka.

Hingga kini Amerika Serikat memiliki 600 komunitas warga penerbang dengan yang paling banyak di Arizona, Colorado, Florida, Texas serta Washington. Spruce Creek merupakan yang terbesar. Komunitas unik seperti ini semakin berkembang di luar negeri seperti Kanada, Afrika Selatan dan Kosta Rika. (ts*/sbr)

Continue Reading

Berita Utama

Beredar Buku SD Sebutkan Ibukota Israel di Yerusalem

Surat protes PGRI Jawa Timur. (foto: detik.com)

PERSATUAN Guru Republik Indonesia (PGRI) Jawa Timur protes. Ini terkait isi buku IPS kelas 6 SD yang menyebut ibukota Israel di Yerusalem. Surat klarifikasi PGRI tertanggal 13 Desember 2017 tersebut dilayangkan kepada Penerbit Yudhistira yang beralamatkan di Kutisari Besar 3, Surabaya beredar.

Buku yang disusun Dra Indriastuti, Drs Sutrisnan Rochadi dan Dwi Suryanti, S.Pd minta segera ditarik dari peredaran. Di dalam surat yang ditandangani Ketua PGRI Jatim H Ichwan Sumadi dan Sekretarisnya, H Heru Suparno, itu mempersoalkan materi pada halaman 15 atau tabel 3.3 Tabel Negara di Asia Barat nomor urut 6 tertulis bahwa ibukota Israel adalah Yerusalem, yang seharusnya Tel Aviv.

PGRI dalam surat tersebut, menilai jika isu yang sedang berkembang saat ini tentang pemindahan ibukota Israel ke Yerusalem menimbulkan pertentangan internasional, khususnya bagi Umat Islam. Selain itu di Yerusalem terdapat Masjidil Aqso yang merupakan simbol dan kota suci bagi Islam, Nasrani dan Yahudi.

Ketua PGRI Jatim Ichwan Sumadi saat dikonfirmasi membenarkan surat karifikasi tersebut. “Sudah kita kirim hari ini ke penerbitnya,” kata dia seperti dilansir detikcom, Rabu (13/12/2017) (ts*)

Continue Reading

Berita Utama

Gubernur Olly Serahkan DIPA 2018

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menghadiri Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Integrasi Jamkesda Kabupaten/Kota dengan BPJS Kesehatan, dan menyerahkan DIPA T.A 2018 di ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Selasa (12/12/3017).

Dalam sambutan Gubernur Olly mengatakan dalam rangka menjamin keberlangsungan Program Jaminan Kesehatan Nasional dan meningkatkan kualitas bagi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di daerah, maka diadakan Perjanjian Kerjasama Integrasi jamkesda pemerintah kabupaten/kota dengan BPJS kesehatan, kata Gubernur Olly.

“Saya minta Bupati/Walikota agar segera mengambil langkah sesuai tugas dan kewenangan yang dimiliki sebagaimana yang diatur dalam Instruksi Presiden Nomor 8 tahun 2017 untuk secepatnya memastikan pengalokasian anggaran dalam rangka pelaksanaan program jaminan kesehatan,” jelas gubernur.

Selanjutnya dengan DIPA tersebut, gubernur berharap di tahun 2018 bisa bersama -sama memaksimalkan anggaran yang ada untuk mendorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah yang ditargetkan pada angka 6,2% laju inflasi provinsi 5%, pendapatan perkapita 37 juta/kapita; IPM berada pada 70,8 Indeks Gini, 0,39 dan tingkat kemiskinan 8,2%, serta tingkat pegangguran di angka 6, 75%.

Turut hadir Wakil Gubernur Sulut Steven O.E Kandouw , Forkopimda Sulut , Bupati/Walikota Se Sulut, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulut Bapak Sulaimansyah, Deputi Direksi Bafan Penyelengaraan Jaminan Sosial Kesehatan Ibu Lusa Nurena SE, MM.

(Humas Pemprov Sulut )

Continue Reading

Facebook

Categories

Trending

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: