Connect with us

Uncategorized

Tim Rescue: Masih Ada Detak Jantung dan Napas dari Balik Reruntuhan Hotel

Menggunakan Alat Canggih, Tim Penyelamat Mendeteksi Adanya Napas dan Detak Jantung dari Reruntuhan Hotel Mercure.

SEJAK gempa dan tsunami menghantam Kota Palu, masih banyak warga yang terjebak di bawah reruntuhan bangunan yang hancur. Namun selang kurang lebih 6 hari lamanya, dimungkinkan masih ada tanda-tanda kehidupan manusia dari dalam reruntuhan.

TIM Rescue (Penyelamat) dari Prancis yang berada di Palu mengatakan Kamis (04/10/2018), bahwa mereka mendeteksi adanya tanda kehidupan di bawah puing-puing sebuah hotel, setelah hampir seminggu bencana dahsyat melanda yang telah menewaskan lebih dari 1.500 orang.

Philip Besson, anggota organisasi Prancis Pompiers de l’urgence, seperti dilansir NBC News mengatakan, pihaknya dalam pencarian korban menggunakan alat sensor berteknologi tinggi yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan korban di reruntuhan Hotel Mercure bintang empat di Palu.

Dan peralatan canggih itu berhasil mendeteksi adanya pernapasan dan detak jantung manusia di dalam reruntuhan. Namun tim rescue tersebut belum bisa memastikan, apakah para korban yang masih hidup itu dalam keadaan sadar atau pingsan. Di samping itu, tim penyelamat juga mengatakan, berbagai kemungkinan bisa terjadi yang bisa berdampak negatif, seperti halnya udara dan gas yang kemungkinan bisa mempengaruhi kondisi korban.

Nita Hamaale, yang adik perempuannya berusia 20 tahun, diyakini terkubur di bawah reruntuhan hotel. Dia mengatakan seorang penerjemah dari tim penyelamat Prancis mengatakan kepadanya bahwa mereka tidak ingin memberinya harapan terlalu besar, karena segala kemungkinan bisa terjadi atas korban yang masih hidup karena posisi mereka yang berada di dalam reruntuhan.

Sementara Besson mengatakan, tim beranggotakan lima orang, hanya mampu menggunakan tangan yang terlatih dan tidak cukup kuat untuk menggapai posisi korban yang terjebak di bawah beton dan besi tebal, apalagi ketika hari sudah malam, penggalian secara hati-hati itu harus dihentikan untuk dilanjutkan siang hari. Besson mengatakan timnya akan membawa peralatan berat Jumat untuk mencoba menyelamatkan atas korban yang dideteksi masih hidup.(nbc/ap/sbr)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Copyright © 2017 PT. Tren Sulut Media Cemerlang l By. MIT

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: