Connect with us

Uncategorized

Rusia Klaim Gagalkan Serangan Teroris di Piala Dunia 2018

PIALA Dunia 2018 di Rusia sudah berakhir. Iven sepakbola terbesar di planet bumi tersebut berlangsung dengan baik dan aman.

Namun sebuah pengakuan yang cukup menghebohkan datang dari Rusia, selaku tuan rumah. Moskow mengklaim telah menggagalkan rencana teroris untuk menggunakan drone dalam upaya menyerang para penonton sepak bola selama Piala Dunia musim panas lalu.

Menurut Alexander Bortnikov, Direktur Layanan Keamanan Federal negara itu (FSB), tujuh kelompok berbeda merencanakan serangan terhadap penggemar yang mengunjungi selama turnamen.

Bortnikov membuat klaim pada pertemuan terbuka kepala badan khusus dan lembaga penegak hukum Rusia pada hari Rabu, dengan Sekretaris Dewan Nasional Nikolai Patrushev menambahkan bahwa serangan itu tidak berhasil karena kerjasama dengan badan-badan intelijen asing.

“Contoh yang mencolok dari kerjasama internasional yang sukses di bidang ini [keamanan] adalah penyelenggaraan Piala Dunia di Rusia tahun ini, di mana upaya bersama telah mampu menghindari serangan teroris,” kata Patrushev, menurut RIA News. (sbr/ts)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Uncategorized

Liow Dkk Sampaikan 5 Catatan Kritis ke Pemerintah

Anggota DPD RI asal Sulut, Ir Stefanus BAN Liow saat menyampaikan aspirasi Sulut di sidang paripurna DPD RI, Senin (12/11/2018)

TIM Senator (Anggota DPD RI) asal Sulawesi Utara menyampaikan 5 catatan kritis yang perlu ditindaklanjuti pemerintah dan parlemen. Hal itu disampaikan Anggota DPD RI, Ir  Stefanus BAN Liow MAP, mewakili para senator Sulut dalam Sidang Paripurna DPD RI di Gedung Parlemen Nusantara V Senayan Jakarta, Senin (12/11/2018).

Liow mewakili Senator Sulut lainnya masing-masing Ir Marhany VP Pua MA, Benny Rhamdani dan Fabian Sarundajang, mengkritisi bahkan menolak RUU tentang pesantren yang mengatur pendidikan sekolah minggu dan katekisasi kristiani.

Poin lainnya yang dikritisi para wakil Sulut yang dirangkum dari hasil turun lapangan di tengah masyarakat itu, di antaranya menyangkut rekruitmen CPNS, masalah BPJS dan persoalan harga kopra yang dikeluhkan para petani di Sulut.

Berikut 5 poin penting yang diperjuangkan Liow dkk.

1. Menegaskan menolak memasukan/mengatur pendidikan sekolah minggu dan katekisasi, sebagaimana   dalam konsep RUU tentang Pesantren dan Pendidikan Agama khususnya Pasal 69 dan 70 (RUU Inisiasi DPR RI). Pemasukan/pengaturan tersebut adalah suatu kecenderungan membirokrasikan pelayanan anak, remaja dan katekisasi yang sudah lama dilakukan kelembagaan gereja.

2. Meminta agar pemerintah mengevaluasi secara menyeluruh sistem seleksi CPNS Tahun 2018. Format CPNS Tahun 2018 harus semuanya terisi karena sangat dibutuhkan daerah. Diusulkan agar standard kelulusan disesuaikan dengan kualitas pendidikan dan kemampuan daerah masing-masing. Di samping itu, sebelum seleksi maka pemerintah/pemerintah daerah bahkan PTN/PTS alangkah baiknya melaksanakan matrikulasi/pembekalan khusus bagi peserta seleksi CPNS.

3. JKN adalah program strategis sebagai bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah untuk pelayanan kesehatan masyarakat, namun dalam implimentasinya masih banyak ditemui permasalahan mendasar. BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara belum membayar klaim utang kepada rumah sakit. Bagi RS pemerintah/pemda dalam 3-4 bulan masih dapat mengatasi, tetapi RS swasta dapat menjadi masalah karena berdampak pada  operasional dan pelayanan secara keseluruhan. Untuk mengatasi belum dibayarkan klaim utang BPJS Kesehatan, maka beberapa Rumah Sakit (RS) Swasta terpaksa meminjam uang kepada pihak ketiga dengan konsekwensi bunga. Pihak RS berharap peminjaman dilakukan oleh BPJS Kesehatan tetapi BPJS Kesehatan tidak dapat melakukan hal itu karena terbentur regulasi, sehingga untuk mencegah dan mengatasi masalah ini perlu segera merubah sistim.

4. Perlu didorong sekaligus diusulkan adanya revisi UU Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan karena dianggap membatasi ruang gerak pemuda untuk mengaktualisasi diri.

5. Meminta perhatian pemerintah untuk memperhatikan anjloknya harga kopra, cengkih dan pala sebagai komoditi unggulan Sulut yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat serta perekonomian daerah dan nasional.

Sidang Paripurna DPD RI itu dipimpin tiga Wakil Ketua DPD RI, yakni LetjenTNI (Purn) Dr Nono Sampono, MSi dan Prof Dr Ir Hj Darmayanti Lubis.

“Apa yang kami sampaikan merupakan rangkuman hasil kunjungan kerja dalam rangka penyerapan aspirasi selang tanggal 19 Oktober-11 November 2018,” ungkap Liow yang menjadi koordinator senator dapil Sulut. (ts)

Continue Reading

Uncategorized

Ganggu Konsentrasi Lawan, Fans Bola Pakai Penari Telanjang

PERTANDINGAN sepakbola Rijnsburgse Boys versus AFC di menit ke-12, heboh ketika  seorang penonton yang berprofesi penari telanjang, berlari memasuki lapangan.

Wanita itu tanpa mengenakan apa pun kecuali sepatu, kaos kaki, dan beberapa cat di tubuhnya. Aksinya itu mendapat dukungan dari fans  Rijnsburgse, dengan tujuan mengganggu pertandingan. Intinya mereka ingin klub lawan teralihkan perhatiannya.

Wanita itu, yang tampil dengan nama “Striptease Foxy,” itu terlihat mengibarkan bendera di sekeliling tubuhnya yang mengenakan inisial HKR, yang berarti Hard Core Rijnsburgse, nama grup penggemar yang menggunakan jasanya untuk pertandingan di Belanda.

Ini adalah laga divisi ketiga. Tidak seperti kasus umum pria telanjang yang mengganggu acara olahraga dengan ketelanjangan mereka, staf keamanan Rijnsburgse tidak merasa perlu terburu-buru ke luar lapangan membawa si wanita. Usai si wanita diamankan, pertandingan

Continue Reading

Uncategorized

Lion Air yang Jatuh Pernah Dipakai Layani Rute Manado-Cina

LION Air JT610 yang jatuh dalam penerbangan dari Jakarta ke Pangkal Pinang, merupakan pesawat canggih dan tergolong baru. Pesawat ini adalah salah satu tipe terbaru yang dikeluarkan boeing, yakni Boeing 737 Max 8. Pesawat buatan Amerika Serikat yang baru dioperasikan Lion Air Agustus 2018 lalu ini, sudah melayani rute cukup jauh.

Salah satunya dipakai melayani rute Manado-Cina dan Denpasar ke Cina. Hal itu disampaikan President dan CEO Lion Air Group, Edward Sirait. Bahkan selain ke Cina, pesawat tersebut sudah pernah menempuh perjalanan ke Timur Tengah. “Pesawat ini sudah pernah digunakan ke Timur Tengah, kurang lebih 9 sampai 11 jam,” ungkap Edward, Senin (29/10/2018).

Menurut Edward, Lion Air saat ini memiliki 11 unit pesawat dengan tipe tersebut. Dan pesawat itu sudah menerima sertifikat dari Amerika, sertifikasi kementerian perhubungan dan sertifikat layak terbang.
Namun sebelum mengalami kecelakaan, JT610 yang mengangkut 178 penumpang dewasa, 1 penumpang anak-anak, 2 bayi dan 2 pilot serta 5 FA itu, berhembus kabar sempat bermasalah.

Pilot pesawat naas itu, Bhavye Suneja sempat melaporkan masalah flight control pada ketinggian 1.700 kaki. Pilot kemudian meminta naik ketinggian.

“Pada jam 06.22 WIB, pilot menghubungi Jakarta Control dan menyampaikan permasalahan flight control saat terbang di ketinggian 1.700 feet, dan meminta naik ke ketinggian 5.000 feet. Jakarta Control mengizinkan pesawat naik ke 5.000 feet,” ungkap Wakil Ketua KNKT, Haryo Satmiko lewat keterangan tertulis.

Namun pada pukul 06.32 WIB, Jakarta Air Traffic Controller (Jakarta Control) kehilangan kontak dengan pesawat PK-LQP tersebut. Pesawat itu kemudian dipastikan jatuh di perairan Karawang. Pihak Basarnas menyatakan, kemungkinan terbakar sebelum jatuh, kecil peluangnya. Karena puing yang ditemukan di perairan Karawang tidak terlihat adanya bekas terbakar atau hangus. Pesawat hancur berkeping diduga akibat kerasnya tabrakan ketika menukik ke laut.

Sementara pihak Lion Air sendiri mengakui, sempat adanya laporan masalah teknis dengan pesawat JT610 sebelum terbang dan kemudian jatuh. Sebelum kejadian, JT610 bertolak dari Denpasar ke Jakarta. Dan berdasarkan informasi yang didapatkan dari situs flightradar24.com, pesawat ini bertolak pada pukul 22.21 Wita, padahal dijadwalkan take off pukul 19.30 Wita. Pesawat itu mendarat di Jakarta pada pukul 22.56 WIB.

“Pesawat ini terakhir terbang dari Denpasar menuju Cengkareng, dalam posisi dirilis untuk terbang. Memang ada ada laporan mengenai masalah teknis, dan masalah teknis ini sudah dikerjakan sesuai dengan prosedur maintenance yang dikeluarkan oleh pabrikan pesawat,” ungkap Presiden Direktur Lion Air Edward Sirait dalam konferensi pers di bandara Soekarno Hatta, Senin (29/10).

Namun Edward mengatakan, kondisi pesawat dari Denpasar ke Jakarta dalam kondisi baik. Apabila ada masalah, lanjutnya, tidak mungkin pesawat itu diizinkan terbang. “Kalau dia rusak, tidak mungkin dirilis terbang dari Denpasar, iya. Cuma memang benda bergerak sebagaimana kita ketahui akan bisa mengalami gangguan setelah dia mendarat, hanya ketika dia mendarat adalah laporan dari awak pesawat itu langsung kita kerjakan itu yang kita lakukan,” ujar Edward. “Malam itu langsung dilakukan pemeriksaan dan perbaikan sesuai petunjuk pabrik pesawat,” lanjutnya.

Informasi dari Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono, jam terbang Boeing 737 MAX 8 itu belum terlalu tinggi. Dia menegaskan pesawat nahas itu bisa masuk kategori baru.
“Jam terbangnya masih sekitar 800 flight hours. Jadi masih relatif sangat baru, boleh dikatakan baru,” kata Soerjanto.

Disebut-sebut kecil peluang adanya korban hidup dalam insiden ini, meski tim Basarnas sendiri masih terus melakukan pencarian seluruh korban. Apabila terjadi sebuah kecelakaan fatal yang menghancurkan pesawat dan tidak ada korban yang selamat, hampir dipastikan penyebab kecelakaan tidak akan diketahui.

Penyebab yang paling mungkin, baru akan dapat diketahui setelah Tim Investigasi yang berwenang selesai melaksanakan tugas penyelidikannya. Setiap negara anggota ICAO (International Civil Aviation Organization) diwajibkan menunjuk sebuah institusi pemerintah untuk urusan investigasi penyebab terjadinya kecelakaan pesawat terbang. Di Amerika badan itu bernama NTSB (National Transportation Safety Board) dan di Indonesia dikenal dengan KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi). KNKT akan melakukan tugasnya antara lain mengumpulkan data awal (preliminary data) untuk kemudian mendalaminya dengan cross check terhadap hasil analisis Black Box dari pesawat yang mengalami kecelakaan. Ini akan memakan waktu yang cukup lama, dan sebelum KNKT mempublikasikan hasil investigasinya, maka tidak ada orang atau pihak manapun yang dapat dipercaya atau dijadikan rujukan dalam hal menyampaikan penyebab terjadinya kecelakaan. (ts/sbr/*)

Continue Reading

Uncategorized

Terpanjang di Dunia, Jembatan Hongkong-Makao Dibuka

JEMBATAN di atas laut yang disebut-sebut terpanjang di dunia, dibuka Rabu (24/10/2018) ini setelah dikerjakan selama 9 tahun,

Jembatan ini menghubungkan Hong Kong dan Macau, sehingga perjalanan darat dengan mobil bisa ditempuh sekitar 45 menit. Panjang jembatan mencapai 55 kilometer dan menelan dana US$ 20 miliar atau sekitar Rp 303 triliun.

Awalnya jembatan ini akan dibuka pada tahun 2016 silam, namun ditunda hingga akhirnya dibuka hari ini.

Bagi kalangan turis, terlebih asal Indonesia yang travelling ke Hongkong, nantinya akan lebih mudah dan cepat untuk menyeberang ke Makau, karena dengan hadirnya jembatan ini, jarak bisa dipangkas sampai 3 jam. (ts)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: