Connect with us

Uncategorized

Israel Kirim Bantuan ke Palu

MESKI tidak ada hubungan diplomatik, namun demi kemanusiaan, Israel dilaporkan mengirimkan bantuan ke Indonesia untuk korban gempa dan tsunami di Palu dan sekitarnya yang telah menewaskan lebih dari 1.400 orang.

Sebagaimana dilansir Time of Israel, bantuan yang dikirim adalah alat pemurnian air bersih ke daerah-daerah yang terkena bencana melalui Palang Merah. Dalam laporan itu juga menyebutkan, sebuah tim relawan bantuan Israel sedang bersiap untuk melakukan perjalanan ke wilayah bencana dalam beberapa hari mendatang.

Wakil Menteri Diplomasi Israel, Michael Oren dalam status tweeternya menyatakan, bahwa pihaknya telah mengirim bantuan ke Indonesia, negara Muslim terbesar di dunia, untuk menunjukkan simpati atas nama kemanusiaan, dimana Israel telah menyatakan kesediannya berbagi keahlian.

Namun, Kementerian Luar Negeri sendiri enggan mengkonfirmasi bahwa Israel telah mengirim bantuan ke Indonesia. Ketika hendak dikonfirmasi Times of Israel, kementerian dan Kantor Perdana Menteri menolak berkomentar.

Sebelumnya, Israel juga telah mengirim delegasi besar ke daerah yang dilanda bencana di seluruh dunia, termasuk menawarkan untuk mengirim bantuan ke negara-negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik.
Di antaranya ketika tentara Israel memberikan penyelamatan dan layanan medis setelah gempa bumi di Turki pada tahun 1999, gempa bumi di Haiti pada tahun 2010, topan di Filipina pada tahun 2013 dan gempa bumi di Nepal pada tahun 2015.

Tahun lalu, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menawarkan bantuan kepada korban gempa di Iran dan Irak, dua negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Namun tawaran itu ditolak. (tis/sbr)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Copyright © 2017 PT. Tren Sulut Media Cemerlang l By. MIT

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: