Connect with us

Uncategorized

Ini upaya Mulia Selamatkan Lingkungan dari Sawit

PRODUK kosmetik Lush meluncurkan kembali kampanye #SOSsumatra, bekerja dengan Masyarakat Orang Utan Sumatera (SOS) dan mitra lokalnya bersama Pusat Informasi Orangutan (OIC).

Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran tentang deforestasi, serta membantu SOS dan OIC untuk membeli 50 hektar perkebunan kelapa sawit, dan mengembalikannya kembali ke hutan asli.

Lush pertama menjalankan kampanye #SOSsumatra pada bulan November 2017 lalu, dan berhasil mengumpulkan dana sebesar £ 126.014. Ini memungkinkan SOS dan OIC untuk membeli dan mengembalikan 50 hektar awal perkebunan kelapa sawit menjadi hutan kembali. Tahun ini SOS menggalang dana untuk membeli tanah lagi guna mengembalikan habitau.

Helen Buckland, direktur SOS, mengatakan: “Penjualan tahun lalu dari Orangutan Soap (Sabun berbentuk Orangutan) memungkinkan kami untuk membeli sebidang tanah seluas 50 hektar, yang digunakan sebagai perkebunan kelapa sawit, di tepi Ekosistem Leuser di Sumatra bagian utara.”

“Pekerjaan berjalan dengan baik dalam menghijaukan kembali tanah ini, dengan kelapa sawit telah dihilangkan dan bibit pohon hutan hujan dipelihara dan ditanam. Dalam beberapa tahun yang singkat, daerah ini akan sekali lagi menjadi habitat yang subur dan semarak bagi orangutan dan banyak hewan lainnya.

“Kami baru-baru ini mengetahui peluang lain untuk membeli lahan sangat penting sedikit ke selatan, juga di tepi Ekosistem Leuser. Tanah ini, di sebuah situs bernama Cinta Raja, saat ini menjadi titik lemah di perbatasan taman nasional, di mana konflik manusia-satwa liar, perburuan, dan serbuan ke dalam hutan banyak terjadi.”

“Seperti sebelumnya, tanah ini juga saat ini dikelola sebagai perkebunan kelapa sawit, dan kami bermaksud untuk merebut kembali dan mengembalikannya ke kejayaan alam semula.” (ts/sbr)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Uncategorized

FH Unsrat ‘99, Siapkan Reuni Akbar 20 Tahun

Yurike Paendong

Manado-RATUSAN Alumni Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi (FH Unsrat) angkatan 1999, kini sedang menyiapkan pelaksanaan kegiatan reuni akbar 20 tahun.

Penetapan panitia pelaksanaanya sedang dilakukan melalui rapat secara online.

“Ada 100 lebih alumnus yang sudah terkumpul dalam grup WhatsApp Gorela 99. Kami sedang membahas pembentukan panitianya,” ujar Bendahara Ikatan Alumni FH Unsrat ‘99, Yurike Imelda Paendong SH MKn kepada wartawan via ponsel, Kamis (14/02) siang.

Ike sapaan akrabnya mengatakan, kegiatan ini bakal dilaksanakan untuk mengakomodir usulan dari sebagian besar alumni FH Unsrat ‘99 yang menghendaki dilaksanakannya reuni akbar pada tahun ini.

“So 20 tahun sejak ‘99. Itu mengapa reuni ini diberi titel reuni akbar,” kata notaris cantik tersebut.

Selanjutnya dalam rapat online, sudah hampir dipastikan Reuni Akbar 20 Tahun FH Unsrat ‘99 itu akan digelar pada bulan September nanti. “Kita lagi cari tanggal yang pas. Ada yang mengusulkan dilaksanakan pada tanggal 9/9/2019, 19/9/19 dan sebagainya. Akan diputuskan nanti. Sedangkan soal tempat kemungkinan di Kampus Fakultas Hukum atau di MCC. Masih dibicarakan,” beber Ike sapaan akrabnya.

Dalam rapat tersebut menurut Ike telah mengemuka sejumlah nama sebagai panitia pelaksananya. Diantaranya Donal Tuelah, Michael Jacobus, Daniel Sembel, Joice Rey, Yurike Paendong, Jurike Wenas serta Vera dan Royke. Namun untuk posisi ketua dan sekretaris kemungkinan besar akan dipercayakan pada Donal Tuelah dan Yurike Paendong.(rol)

Continue Reading

Uncategorized

Pangelu: Penegakkan Aturan Masih Sama

Adi Pangelu

Manado-Jelang Pesta Demokrasi Pemilihan Umum tahun 2019, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara (Sulut) Adi Pangelu menegaskan, aturan bagi setiap peserta pemilu sudah jelas, dan dimintakan untuk dipatuhi. Lebih khusus menurutnya soal kampanye yang menggunakan fasilitas pemerintah seperti tempat ibdah dan pendidikan.

Lebih lanjut dijelaskan Pangelu bahwa, sosialisasi yang dilakukan peserta pemilu selama tidak melanggar aturan nomor 07 tahun 2017 poin 280 tidak akan menjadi masalah.

“Sah-sah saja kalau itu tidak melanggar. Sifatnya tidak melakukan kampanye saja. Kalau hanya ajakan untuk mengingatkan kewajiban para pemilih,” tandas Pangelu Selasa (12/02) di Manado.

Pangelu sendiri memastikan akan menindak tegas peserta pemilu yang melanggar aturan tersebut. “Tindakan tegas sudah pasti. Dan itu akan dilakukan sesuai tahapannya masing-masing,” ucap Pangelu saat diwawancarai media ini. (rol)

Continue Reading

Uncategorized

Program PKH Dapat Apresiasi Komisi IV DPRD Sulut

James Karinda (fto/ist

Manado-Peningkatan kapasitas pendamping Program Keluarga
Harapan (PKH) dilakukan Dinas Sosial Sulawesi Utara, lewat
Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar selama tiga hari
mendapat apresiasi dari Ketua Komisi IV DPRD SUlut James Karinda.

James Karinda (JK) mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wujud dari dukungan positif mitra kerja terkait program pemerintah. “Perlu diapresiasi, karena itu adalah salah-satu peran aktif dari mitra kerja pemerintah dalam menopang program untuk rakyat,” ujar JK di Manado.

Kegiatan dalam rangka melatih sedikitnya 200 pendamping PKH yang berasal dari kabupaten/kota di Sulut itu dinilai penting guna meningkatkan mutu dan kemampuan dalam menjalankan tupoksi masing-masing.

Lebih lanjut Jk berharap agar mereka yang nantinya akan melakukan pendampingan punya pengetahuan dibidangnya, serta perilaku positif sesuai dengan kebijakan Ke,mentrian Sosial dan lembaga terkait dalam pelaksanaan program.

“Setiap pendamping harus menjadi contoh bagi masyarakat menuju keluarga sejahtera,” tandas Jk sembari merasa optimis kalau tim yang sudah ditunjuk dinas terkait sudah melalui tahap evaluasi hingga bisa manjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab. “Saya kira tim sudah selektif. Jadi diharapkan program bisa berjalan baik sesuai kebutuhan masyarakat,” tukas Politisi low profile itu.

Diketahui, kegiatan PKH dibuka oleh Kadinsos Sulut dr Rini Tamuntuan, dan dihadiri sejumlah koordinator PKH per wilayah dan tim yang sudah mengikuti pelatihan.(rol)

Continue Reading

Manado

PT Air Manado Distribusi Air Bersih Pasca Banjir

Manado- Intensitas hujan yang tinggi tidak menyurutkan semangat PT Air Manado untuk tetap mmemaksimalkan pelayanan. Seperti diungkapkan Direktur Utama (Dirut) Ir Otniel Kojansouw memalui Humas Joshua Rantung, meskipun tanah longsor dan banjir berpengaruh bagi penjernihan dan pendistribusian air bagi pelanggan, pelayanan tetap dimaksimalkan. Lanjut kata Rantung bahwa, PT AM telah melakukan off guna menghindari kenaikkan air sungai ke instalasi sesuai batas level bahaya.

“Kami lakukan antisipasi, agar pompa inteke tidak tenggelam. Pengamanan ini harus dilakukan supaya tidak terulang seperti banjir bandang 2014 lalu,” tandas Rantung di Manado.

Disis lain, Rangtung mengaku sudah melakukan pengiriman air bersih bagi warga terdampak banjir, seperti di Mahawu dan Bailang. Hal itu dilakukan bekerjasama dengan dinas Sosial serta Dinas Damkar Manado.

“Distribusi air bersih sesuai petunjuk Dirut tetap kami lakukan, dan itu sudah sejak pagi tadi. Khusunya buat warga di tempat pengungsian,” tukas Rantung kembali.

Untuk IPA Degrimond dan IPA Conventional menurut Rantung, saat ini sudah running, bahkan pihak PT AM yakin kalau distribusi air sudah berjalan normal. “Kami optimis untuk pelayanan air bersih jalan normal, karena itu menjadi prioritas kami,” ujarnya sembari berharap apa yang sudah diupayakan sudah dapat dinikmati seluruh pelanggan.

“Harapannya pelanggan dapat menikmati air bersih, meskipun sedang dalam situasi banjir. Himbauan Dirut juga warga yang berada diketinggian bisa menyiapkan tampungan atau tong air, agar tidak kekurangan air saat gangguan,” kunci Humas yang akrab disapa Pak Jo itu. (rol)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: