Connect with us

Sport

Duel Catur Carlsen v Caruana Ditentukan Lewat “Sudden Death”

Pertarungan 12 partai berakhir seri

Published

on

Magnus Carlsen vs Fabiano Caruana.

Kejuaraan catur dwi tarung dunia 2018,  Magnus Carlsen vs Fabiano Caruana di London, kembali berakhir imbang. Dari 12 kali bermain secara marathon, kedua pemain berakhir draw.

Dengan demikian, penentuan juara dunia antara petahana Magnus Carlsen (Norwegia) dan penantang Caruana (AS) Rabu nanti (waktu setempat), akan ditentukan lewat sistem pertarungan “sudden death”, bahkan memungkinkan untuk berakhir dengan sistem “armagedon”.

Intinya, sesuai aturan, penentuan juara antara Carlsen v Caruana diputuskan lewat bermain catur cepat empat babak, dengan waktu masing-masing 25 menit per babak ditambah 10 detik per langkah.

Jika imbang kembali, 2-2, maka akan ditentukan lewat catur kilat (2 babak) dengan waktu masing-masing 5 menit setiap babak, plus 3 detik per langkah.

Jika hasilnya imbang juga, langkah pamungkas akan digelar Armageddon Game.

Armageddon Game adalah catur cepat satu babak dengan pemain yang memainkan buah putih memiliki waktu 5 menit dan buah hitam 4 menit. Jika hasilnya remis, pemain dengan buah hitam dinyatakan sebagai juara dunia.

Juara bertahan tiga kali Magnus Carlsen sebenarnya telah berada di atas angin dalam duel ke 12 vs Fabiano Caruana. Meski unggul waktu, Carlsen malah menawarkan remis yang langsung diterima Caruana dan permainan pun berakhir dalam 31 langkah.

Banyak pengamat yang terkejut bahwa Carlsen menawarkan hasil imbang, termasuk mantan juara catur Gary Kasparov, yang menilai pemain Norwegia itu mungkin kehilangan keberaniannya.

Carlsen yang berusia 27 tahun – dijuluki “Thor of Chess” – berusaha mengokohkan reputasinya sebagai salah satu pemain terhebat dalam sejarah. Sedangkan Caruana, 26 tahun, adalah orang Amerika pertama yang bersaing memperebutkan gelar sejak legenda catur Bobby Fischer pada 1972. (ts/sbr)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: