Connect with us

Berita Utama

Brasil vs Belgia, Perang Bintang

PERTARUNGAN Brasil vs Belgia untuk memperebutkan tiket semifinal, Sabtu (07/07/2018) dini hari nanti, sangat dinanti. Ini adalah perang bintang. Kedua tim memiliki pemain-pemain piawai yang kini memperkuat klub-klub papan natas Eropa.

Brasil selaku pemegang lima gelar Piala Dunia, memiliki sederet pemain kelas dunia, dari Philippe Coutinho hingga Neymar. Mereka juga sudah menunjukkan kehebatannya dengan meloloskan Selecao ke delapan besar.

Belgia, sama seperti Brasil, juga dianggap sebagai salah satu favorit juara. Dengan generasi emas yang ditopang bintang-bintang Premier League seperti Thibaut Courtois, Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku dan kapten Eden Hazard, tim berjuluk “De Rode Duivels” ini sudah membuktikan kapasitas mereka.

Brasil melangkah ke perempat final berkat kemenangan 2-0 atas Meksiko. Kemenangan tersebut mereka raih lewat dua gol jarak dekat yang dicetak oleh Neymar dan Roberto Firmino.

Sementara itu, Belgia sukses mengatasi perlawanan keras Jepang. Sempat tertinggal 0-2 di menit 52, Belgia berbalik menang melalui sundulan jauh Jan Vertonghen, tandukan Marouane Fellaini dan gol menit akhir Nacer Chadli.

Ini membuktikan bahwa mental pemain Belgia sudah teruji. Mental dan kepercayaan diri dianggap selama ini menjadi penghalang bagi Belgia untuk berprestasi lebih di piala dunia. Kini Belgia sudah siap untuk berbuat yang terbaik.

Namun meski Belgia memiliki salah satu skuat terkuat di Piala Dunia 2018, namun di hadapan Brasil, mereka tetaplah dianggap underdog, terutama jika melihat catatan buruk mereka. Brasil dan Belgia baru pernah sekali bertemu di pentas Piala Dunia, yakni di Korea-Jepang 2002. Mereka berhadapan di babak 16 besar. Brasil keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0 lewat gol-gol Rivaldo dan Ronaldo di babak kedua.

Selain itu, dalam dua turnamen terakhir, dengan skuat yang kurang-lebih sama seperti sekarang, langkah Belgia selalu terhenti di babak perempat final. Di Piala Dunia 2014, Belgia kalah 0-1 lawan Argentina. Di EURO 2016, Belgia dikalahkan Wales 1-3.

Brasil bertekad menjuarai turnamen ini untuk menebus kegagalan memalukan ketika jadi tuan rumah edisi sebelumnya. Di bawah kepelatihan Tite, Brasil telah menjadi tim yang jauh lebih baik, terutama di segi pertahanan.

Skuat Belgia kuat dan merata, hanya saja Brasil lebih difavoritkan. Jika diukur dari kemampuan skill individual, Brasil sedikit diunggulkan. Dalam hal kerjasama juga, Brasil tidak ada masalah.
Meski kehilangan Douglas Costa yang cedera dan Casemiro yang terkena akumulasi kartu, Brasil, masih merupakan tim yang sulit dikalahkan.

Salah satu kelemahan Brasil, jika mereka bermain emosional. Belgia kemungkinan akan memancing emosi pemain Brasil agar permainan Samba kacau. Salah satu pemain kunci Samba, yakni Neymar akan sangat menentukan performa Brasil. Jika Neymar mampu dibuat emosi oleh para pemain Belgia, bukan tidak mungkin secara tim, permainan apik Brasil akan terusik.

Namun yang pasti, dengan skuad yang mumpuni, Belgia kemungkinan akan melayani permainan ofensif atraktif Brasil. Salin serang kemungkinan akan terjadi dalam laga ini. Namun jika Belgia bermain terbuka, bukan tidak mungkin akan jadi malapetaka bagi De Bruyne dkk. Lebih aman jika Belgia bermain bertahan dengan mengandalkan serangan balik. Mari kita tunggu laga menarik ini. (ts/sbr)

Prediksi Line Up:

Brasil (4-3-3): Alisson; Marcelo/Filipe Luis, Miranda, Silva, Fagner; Coutinho, Fernandinho, Paulinho; Neymar, Firmino, Willian.
Pelatih: Tite.

Belgia (3-4-2-1): Courtois; Alderweireld, Kompany, Vertonghen; Meunier, De Bruyne, Witsel, Carrasco; Mertens, Hazard; Lukaku.
Pelatih: Roberto Martinez.

Trending

Copyright © 2017 PT. Tren Sulut Media Cemerlang l By. MIT

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: