Connect with us

Berita Utama

Brasil vs Belgia, Perang Bintang

PERTARUNGAN Brasil vs Belgia untuk memperebutkan tiket semifinal, Sabtu (07/07/2018) dini hari nanti, sangat dinanti. Ini adalah perang bintang. Kedua tim memiliki pemain-pemain piawai yang kini memperkuat klub-klub papan natas Eropa.

Brasil selaku pemegang lima gelar Piala Dunia, memiliki sederet pemain kelas dunia, dari Philippe Coutinho hingga Neymar. Mereka juga sudah menunjukkan kehebatannya dengan meloloskan Selecao ke delapan besar.

Belgia, sama seperti Brasil, juga dianggap sebagai salah satu favorit juara. Dengan generasi emas yang ditopang bintang-bintang Premier League seperti Thibaut Courtois, Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku dan kapten Eden Hazard, tim berjuluk “De Rode Duivels” ini sudah membuktikan kapasitas mereka.

Brasil melangkah ke perempat final berkat kemenangan 2-0 atas Meksiko. Kemenangan tersebut mereka raih lewat dua gol jarak dekat yang dicetak oleh Neymar dan Roberto Firmino.

Sementara itu, Belgia sukses mengatasi perlawanan keras Jepang. Sempat tertinggal 0-2 di menit 52, Belgia berbalik menang melalui sundulan jauh Jan Vertonghen, tandukan Marouane Fellaini dan gol menit akhir Nacer Chadli.

Ini membuktikan bahwa mental pemain Belgia sudah teruji. Mental dan kepercayaan diri dianggap selama ini menjadi penghalang bagi Belgia untuk berprestasi lebih di piala dunia. Kini Belgia sudah siap untuk berbuat yang terbaik.

Namun meski Belgia memiliki salah satu skuat terkuat di Piala Dunia 2018, namun di hadapan Brasil, mereka tetaplah dianggap underdog, terutama jika melihat catatan buruk mereka. Brasil dan Belgia baru pernah sekali bertemu di pentas Piala Dunia, yakni di Korea-Jepang 2002. Mereka berhadapan di babak 16 besar. Brasil keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0 lewat gol-gol Rivaldo dan Ronaldo di babak kedua.

Selain itu, dalam dua turnamen terakhir, dengan skuat yang kurang-lebih sama seperti sekarang, langkah Belgia selalu terhenti di babak perempat final. Di Piala Dunia 2014, Belgia kalah 0-1 lawan Argentina. Di EURO 2016, Belgia dikalahkan Wales 1-3.

Brasil bertekad menjuarai turnamen ini untuk menebus kegagalan memalukan ketika jadi tuan rumah edisi sebelumnya. Di bawah kepelatihan Tite, Brasil telah menjadi tim yang jauh lebih baik, terutama di segi pertahanan.

Skuat Belgia kuat dan merata, hanya saja Brasil lebih difavoritkan. Jika diukur dari kemampuan skill individual, Brasil sedikit diunggulkan. Dalam hal kerjasama juga, Brasil tidak ada masalah.
Meski kehilangan Douglas Costa yang cedera dan Casemiro yang terkena akumulasi kartu, Brasil, masih merupakan tim yang sulit dikalahkan.

Salah satu kelemahan Brasil, jika mereka bermain emosional. Belgia kemungkinan akan memancing emosi pemain Brasil agar permainan Samba kacau. Salah satu pemain kunci Samba, yakni Neymar akan sangat menentukan performa Brasil. Jika Neymar mampu dibuat emosi oleh para pemain Belgia, bukan tidak mungkin secara tim, permainan apik Brasil akan terusik.

Namun yang pasti, dengan skuad yang mumpuni, Belgia kemungkinan akan melayani permainan ofensif atraktif Brasil. Salin serang kemungkinan akan terjadi dalam laga ini. Namun jika Belgia bermain terbuka, bukan tidak mungkin akan jadi malapetaka bagi De Bruyne dkk. Lebih aman jika Belgia bermain bertahan dengan mengandalkan serangan balik. Mari kita tunggu laga menarik ini. (ts/sbr)

Prediksi Line Up:

Brasil (4-3-3): Alisson; Marcelo/Filipe Luis, Miranda, Silva, Fagner; Coutinho, Fernandinho, Paulinho; Neymar, Firmino, Willian.
Pelatih: Tite.

Belgia (3-4-2-1): Courtois; Alderweireld, Kompany, Vertonghen; Meunier, De Bruyne, Witsel, Carrasco; Mertens, Hazard; Lukaku.
Pelatih: Roberto Martinez.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Utama

“Natal Membawa Hidup”

Ibadah Natal Kolom 1 GYMC Direfleksikan Lewat Fragmen

IBADAH Perayaan Natal Kolom 1 Jemaat GMIM Yesus Memberkati Citraland (GYMC), bertempat di Kediaman Keluarga Sualang Karawoan, Sabtu (08/12/2018), direfleksikan lewat pementasan fragmen dan musikal bertemakan “Natal Membawa Hidup”.

ASM membawakan lagu Natal.

Pemasangan lilin natal.

Menariknya, pementasan drama Natal dimainkan sebagian besar oleh anggota kolom 1 dengan melibatkan unsur BIPRA (Bapa, Ibu, Pemuda/Remaja dan Anak Sekolah Minggu).

Seluruh anggota jemaat kolom 1 GYMC.

Diakhir ibadah, turut dibagikan diakonia untuk para pelsus, sekuriti dan petugas cleaning service. Pnt Careig Naichel Runtu SIP dalam sambutannya mewakili BPMJ GYMC menyatakan, berbagi kasih yang dilakukan jemaat kolom 1, merupakan hakiki dari spirit Natal itu sendiri.

Pemberian diakonia.

Penatua Kolom 1, Arther Ngantung didamping Syamas Feibe Karawaoan dalam kesempatan itu menyatakan, terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap seluruh undangan yang hadir, terlebih khusus seluruh anggota jemaat kolom 1 yang telah memberi diri bersama panitia HRG untuk menyukseskan perayaan natal pertama kolom tersebut. (ts/*)

Continue Reading

Berita Utama

Belanda Ingin Tutup 4 Penjaranya karena Tidak Ada Lagi Tahanan

PEMERINTAH Belanda berencana menutup empat penjaranya, karena tidak lagi punya tahanan. Pertimbangan penutupan ini adalah berdasarkan catatan angka kejahatan terendah sejak 1980.

Badan nasional statistik CBS dalam data yang dirilis pada awal 2018 ini menyebutkan, hanya terdapat 49 kejahatan per 1.000 penduduk.

Sejak 2013 lalu, pemerintah Belanda melaporkan bahwa mereka telah menutup 28 penjaranya. Tutupnya penjara-penjara ini adalah sebuah pertanda bahwa tidak lagi banyak orang yang melanggar hukum di Belanda.

Bahkan, pemerintah sempat mencari segala cara agar penjaranya tidak ditutup dengan bekerja sama dengan pemerintahan Norwegia untuk menampung tahanan dari negara yang terkenal dengan keindahan auroranya itu.

Turunnya jumlah tahanan di Belanda ini tidak lepas dari cara mereka memperlakukan tahanan. BBC mencatat kalau tidak sampai 10% tahanan yang kembali di tangkap dan dijebloskan ke penjara dalam kurun waktu dua tahun setelah dilepaskan. (kps/ts)

Continue Reading

Berita Utama

“Pohon Terang” Berusia 80 Tahun itu Akhirnya Dilepas Steve….

Steve dan pohon natal bersejarah di keluarganya

SEJAK Tahun 1937 hingga saat ini, Keluarga Steve Rose memiliki tradisi setiap natal menggunakan “Pohon Terang” (Pohon Natal) yang sama.

Pohon natal itu sudah berusia 80 tahun dan dipakai keluarga ini setiap tahunnya sebagai dekorasi menyambut natal.

Namun Steve Rose (74), kini akan segera melelang pohon natal tua bersejarah di keluarganya itu. Pohon natal itu merupakan pohon natal versi pertama di dunia yang diproduksi masal untuk komersial 80 tahun silam.

Steve merasa sudah saatnya tradisi keluarga yang tinggal di Woolworths itu segera ditinggalkan.

“Sudah waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal dan memberi orang lain kesempatan untuk pohon Natal yang sederhana ini”.

Pohon natal itu akan dijual bersama lampu-lampunya Mr Rose beserta pernak-perniknya, dan diperkirakan senilai £ 200-300.

Guru biologi yang sudah pensiun ini mengaku, harus melepas ‘barang pusakanya’, karena dia tidak memiliki anak untuk diwariskan pohon natal itu. (sbr/ts)

 

Continue Reading

Berita Utama

Wawali Manado: Tidak Ada Main Mata di Seleksi CPNS Manado

Wakil Walikota Manado, Mor Bastiaan.

TIDAK ada main mata dan sistem jatah-jatahan dalam proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Manado 2018. Semua dilakukan secara transparan dan tidak ada rekayasa.

Hal ini ditegska  Wakil Walikota (Wawali) Manado Mor Dominus Bastiaan SE.

Saat ini selemsi menghasilkan 50 peserta seleksi yang dinyatakan lulus Passing Grade, dan 149 lainnya bakal lulus dengan sistem Ranking nantinya.

“Seleksi CPNS Kota Manado beberapa waktu lalu telah dilakukan se-transparan mungkin. Tidak ada main mata apalagi jatah-jatahan, karena hasil penilaian dalam seleksi CPNS tersebut ditentukan melalui sistem. Jadi tidak ada intervensi untuk menentukan siapa-siapa yang lulus,” tukas Wawali Mor Bastiaan, Senin (03/12/2018).

Menurutnya, sering kali terjadi salah pemahaman dan salah pengertian di tengah masyarakat, karena informasi yang disampaikan kurang transparan dan tidak mudah dimengerti.

Oleh sebab itu, Wawali mengajak masyarakat untuk melihat informasi penerimaan CPNS di website Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Manado.

Wawali Mor Bastiaan menambahkan, bagi mereka yang lulus Passing Grade, masih harus melanjutkan pada tahapan berikutnya, yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang rencananya akan digelar dalam waktu dekat. “Jadi meski para peserta CPNS sudah lulus Passing Grade, bukan tidak mungkin mereka tidak direkrut karena batasan jumlah formasi yang ada,” ujar Wawali Mor.

Kepala BKD Manado Corry Tendean SH menjelaskan, alokasi formasi yang diberikan pemerintah pusat untuk Kota Manado pada penerimaan CPNS tahun 2018, sebanyak 199 formasi. Sedangkan mereka yang lulus Passing Grade dalam SKD yakni 50 orang. Dalam SKB nanti, terdapat 323 peserta yang terdiri dari 50 peserta yang lulus Passing Grade dan 273 peserta Ranking. “Dari 50 peserta yang lulus Passing Grade, ada 9 yang gugur karena kelebihan peserta,” jelas Tendean. (hms/ts)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: