Connect with us

Sport

Bagaimana Uruguay Menahan Mbappe?

Kylian Mbappe. Striker Prancis berusia 19 tahun ini menjadi buah bibir di Piala Dunia 2018, terlebih ketika kecepatannya menggiring bola “memporak-porandakan” pertahanan Argentina. Mbappe termasuk pemain yang tidak jangkung untuk ukuran Eropa. Tingginya ‘hanya’ 178 cm, bandingkan dengan Pogba (191 cm).
Tinggi Mbappe hanya lebih tinggi 3 cm dibandingkan Antoine Griezmann (175cm).

Kecepatan Mbappe memang sensasional. Bahkan boleh dikata dia adalah pesepakbola tercepat di dunia saat ini. Kemampuan top sprint Mbappe tercatat 44,7 kilometer per jam (KPH). Kecepatannya itu mengalahkan pesepakbola Madrid asal Wales, Gareth Bale yang ‘hanya’ 35 kilometer per jam. Bahkan juara dunia sprinter asal AS, Usai Bolt yang mencatat top speed 37,5 km per jam di kejuaran dunia 100 meter tahun 2009, masih kalah dibandingkan Mbappe.

Kecepatan Mbappe ini tentunya akan mengerikan bagi Godin dkk di lini belakang Uruguay. Defender Argentina sudah merasakan bagaimana Mbappe yang ketinggalan 5 meter sekalipun, mampu melesat mendahului lawan dan menyentuh bola.

Kelebihan Mbappe, tembakannya juga terarah dan tidak membabi buta. Kredit poin lainnya, Mbappe tidak pernah lelah. Sebab itu, satu-satunya cara menahan Mbappe adalah dengan menjaganya secara berhadapan dan berlapis. Akan sulit bagi Mbappe untuk melewati Godin dkk jika berhadapan.

Itu yang dilakukan Australia, yang berhasil mematikan Mbappe dengan cara menjaganya dari depan dan berlapis. Satu pemain dilewati, masih ada pemain bertahan lainnya di belakang yang akan menjadi tembok kedua. Hal ini efektif, karena skill gocekan Mbappe belum sehebat Leonel Messi atau Cristiano Ronaldo.

Ketika merobek gawang Australia, Prancis ‘terpaksa’ harus membongkar dari lini tengah, dimana
Pogba dan Griezmann melakukan akselerasi tajam untuk menundukkan Tim Negeri Kangguru. Itupun Prancis hanya mampu menjebol 2 gol dan Australia mampu membalas dengan 1 gol.

Strategi ini kemungkinan yang akan diterapkan Uruguay. Luis Suarez dkk akan menunggu Prancis menyerang, baru kemudian melakukan counter attack ketika bola berhasil direbut. Kemampuan counter attack Uruguay sendiri akan sangat berbahaya bagi lini belakang Prancis. Luis Suarez dan Cavani merupakan duo striker yang sudah sehati dan mampu saling memberi (assist) satu sama lain. Sayangnya, diperoleh kabar bahwa Cavani tidak dalam kondisi prima, dan kemungkinan akan diturunkan sebagai pemain pengganti. Suarez kemungkinan akan ditandemkan dengan Stuani. Ini tentunya akan sedikit menguntungkan bagi Prancis. (friko poli)

Prediksi Line Up

Uruguay XI: Muslera, Caceres, Gimenez, Godin, Laxalt, Nandez, Torreira, Vecino, Bentancur, Stuani, Suarez

France XI: Lloris, Pavard, Varane, Umtiti, Lucas, Kante, Pogba, Mbappe, Griezmann, Tolisso, Giroud

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Utama

Larang Pecatur Israel, Hak Tuan Rumah Arab Saudi Dicabut

KEKUARAAN dunia catur cepat di Arab Saudi dibatalkan, dan dipindahkan ke Rusia yang akan diadakan akhir bulan Desember ini.

Iven dunia ini dipindahkan setelah Israel mengancam atas tindakan Arab Saudi karena tidak mengizinkan pecatur Israel ikut dalam turnamen di Riyadh.

Kini Arab Saudi telah dilucuti haknya untuk menjadi tuan rumah turnamen catur internasional.

World Chess Federation juga mengatakan tidak akan lagi menyelenggarakan turnamen di negara-negara yang menolak masuk semua peserta federasi nasional yang memenuhi syarat untuk ambil bagian.

Direktur FIDE, Jenderal Emil Sutovsky, mantan grandmaster Israel, mengatakan kepada Haaretz melalui email: “Kejuaraan dipindahkan dari Arab Saudi ke Rusia karena kebijakan yang diadopsi oleh penyelenggara di Saudi.”

“Kepemimpinan baru FIDE menegaskan bahwa FIDE tidak akan lagi mengadakan acara resmi di negara-negara yang menolak visa masuk dan perlakuan tidak adil kepada semua pemain yang memenuhi syarat. Kami akan tetap berpegang pada kebijakan ini, dan memastikan bahwa pemain catur dari negara mana pun tidak akan dilarang berpartisipasi dalam acara resmi, berdasarkan kebangsaan, suku, ras, atau gender mereka, ”kata Sutovsky. (ts/sbr)

Continue Reading

Sport

Carlsen Pertahankan Gelar Juara Dunia Catur

PECATUR nomor satu dunia asal Norwegia, Magnus Carlsen kembali mempertahankan gelar Kejuaraan Catur Dunia, setelah mengalahkan penantangnya dari AS, Fabiano Caruana, dalam duel yang berlangsung tie-break, Kamis ini.

Dia mengalahkan Caruana dalam tiga pertandingan terbatas waktu, mengakhiri harapan Amerika untuk menjadi juara AS pertama sejak Bobby Fischer menang pada 1972.

Pertarungan ini mengikuti serangkaian pemecahan rekor dari 12 game yang berakhir draw, dan dilanjutkan dengan tie break.

Carlsen mengatakan kepada BBC bahwa kemenangan itu “sangat besar bagi saya”.

“Fabiano bermain sangat baik dan dia pemain yang sangat kuat jadi ini sangat spesial,” katanya.

“Sangat tegang selama tiga minggu ini dan tidak ada titik tertentu di mana saya merasa saya akan memenangkan pertandingan. Saya tidak merasa bahwa saya juga kalah. Itu selalu tergantung pada keseimbangan.” (ts/sbr)

 

Continue Reading

Sport

Duel Catur Carlsen v Caruana Ditentukan Lewat “Sudden Death”

Pertarungan 12 partai berakhir seri

Magnus Carlsen vs Fabiano Caruana.

Kejuaraan catur dwi tarung dunia 2018,  Magnus Carlsen vs Fabiano Caruana di London, kembali berakhir imbang. Dari 12 kali bermain secara marathon, kedua pemain berakhir draw.

Dengan demikian, penentuan juara dunia antara petahana Magnus Carlsen (Norwegia) dan penantang Caruana (AS) Rabu nanti (waktu setempat), akan ditentukan lewat sistem pertarungan “sudden death”, bahkan memungkinkan untuk berakhir dengan sistem “armagedon”.

Intinya, sesuai aturan, penentuan juara antara Carlsen v Caruana diputuskan lewat bermain catur cepat empat babak, dengan waktu masing-masing 25 menit per babak ditambah 10 detik per langkah.

Jika imbang kembali, 2-2, maka akan ditentukan lewat catur kilat (2 babak) dengan waktu masing-masing 5 menit setiap babak, plus 3 detik per langkah.

Jika hasilnya imbang juga, langkah pamungkas akan digelar Armageddon Game.

Armageddon Game adalah catur cepat satu babak dengan pemain yang memainkan buah putih memiliki waktu 5 menit dan buah hitam 4 menit. Jika hasilnya remis, pemain dengan buah hitam dinyatakan sebagai juara dunia.

Juara bertahan tiga kali Magnus Carlsen sebenarnya telah berada di atas angin dalam duel ke 12 vs Fabiano Caruana. Meski unggul waktu, Carlsen malah menawarkan remis yang langsung diterima Caruana dan permainan pun berakhir dalam 31 langkah.

Banyak pengamat yang terkejut bahwa Carlsen menawarkan hasil imbang, termasuk mantan juara catur Gary Kasparov, yang menilai pemain Norwegia itu mungkin kehilangan keberaniannya.

Carlsen yang berusia 27 tahun – dijuluki “Thor of Chess” – berusaha mengokohkan reputasinya sebagai salah satu pemain terhebat dalam sejarah. Sedangkan Caruana, 26 tahun, adalah orang Amerika pertama yang bersaing memperebutkan gelar sejak legenda catur Bobby Fischer pada 1972. (ts/sbr)

 

Continue Reading

Berita Utama

Ini Atraksi Base Jumping Franky Kowaas yang Menggemparkan

ATLIT ekstrem Sulut, Franky Kowaas telah berpulang, menyusul ditemukan jasadnya di balik reruntuhan Hotel Roa Roa yang ambruk di Palu, Selasa (02/10/2018).

Tak hanya Sulut, awan duka turut menyelimuti para penggiat dunia ekstrem di luar negeri. Itu karena nama pria yang akrab disebut Kengkang ini telah mendunia di dunia olahraga penggenjot adrenalin.

Salah satu olahraga bernyali yang digeluti Franky adalah Base Jump. Bahkan dia adalah Base Jumper pertama di Indonesia. Berikut video atraksi base jumpingnya di Malaysia yang sempat menghebohkan para base jumper dunia, ketika Franky mampu meloloskan diri dari maut.(ts)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: