Connect with us

Sport

Bagaimana Uruguay Menahan Mbappe?

Kylian Mbappe. Striker Prancis berusia 19 tahun ini menjadi buah bibir di Piala Dunia 2018, terlebih ketika kecepatannya menggiring bola “memporak-porandakan” pertahanan Argentina. Mbappe termasuk pemain yang tidak jangkung untuk ukuran Eropa. Tingginya ‘hanya’ 178 cm, bandingkan dengan Pogba (191 cm).
Tinggi Mbappe hanya lebih tinggi 3 cm dibandingkan Antoine Griezmann (175cm).

Kecepatan Mbappe memang sensasional. Bahkan boleh dikata dia adalah pesepakbola tercepat di dunia saat ini. Kemampuan top sprint Mbappe tercatat 44,7 kilometer per jam (KPH). Kecepatannya itu mengalahkan pesepakbola Madrid asal Wales, Gareth Bale yang ‘hanya’ 35 kilometer per jam. Bahkan juara dunia sprinter asal AS, Usai Bolt yang mencatat top speed 37,5 km per jam di kejuaran dunia 100 meter tahun 2009, masih kalah dibandingkan Mbappe.

Kecepatan Mbappe ini tentunya akan mengerikan bagi Godin dkk di lini belakang Uruguay. Defender Argentina sudah merasakan bagaimana Mbappe yang ketinggalan 5 meter sekalipun, mampu melesat mendahului lawan dan menyentuh bola.

Kelebihan Mbappe, tembakannya juga terarah dan tidak membabi buta. Kredit poin lainnya, Mbappe tidak pernah lelah. Sebab itu, satu-satunya cara menahan Mbappe adalah dengan menjaganya secara berhadapan dan berlapis. Akan sulit bagi Mbappe untuk melewati Godin dkk jika berhadapan.

Itu yang dilakukan Australia, yang berhasil mematikan Mbappe dengan cara menjaganya dari depan dan berlapis. Satu pemain dilewati, masih ada pemain bertahan lainnya di belakang yang akan menjadi tembok kedua. Hal ini efektif, karena skill gocekan Mbappe belum sehebat Leonel Messi atau Cristiano Ronaldo.

Ketika merobek gawang Australia, Prancis ‘terpaksa’ harus membongkar dari lini tengah, dimana
Pogba dan Griezmann melakukan akselerasi tajam untuk menundukkan Tim Negeri Kangguru. Itupun Prancis hanya mampu menjebol 2 gol dan Australia mampu membalas dengan 1 gol.

Strategi ini kemungkinan yang akan diterapkan Uruguay. Luis Suarez dkk akan menunggu Prancis menyerang, baru kemudian melakukan counter attack ketika bola berhasil direbut. Kemampuan counter attack Uruguay sendiri akan sangat berbahaya bagi lini belakang Prancis. Luis Suarez dan Cavani merupakan duo striker yang sudah sehati dan mampu saling memberi (assist) satu sama lain. Sayangnya, diperoleh kabar bahwa Cavani tidak dalam kondisi prima, dan kemungkinan akan diturunkan sebagai pemain pengganti. Suarez kemungkinan akan ditandemkan dengan Stuani. Ini tentunya akan sedikit menguntungkan bagi Prancis. (friko poli)

Prediksi Line Up

Uruguay XI: Muslera, Caceres, Gimenez, Godin, Laxalt, Nandez, Torreira, Vecino, Bentancur, Stuani, Suarez

France XI: Lloris, Pavard, Varane, Umtiti, Lucas, Kante, Pogba, Mbappe, Griezmann, Tolisso, Giroud

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Trending

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: