Connect with us

Berita Utama

Kandouw: Museum Kita “Panas”

Published

on

WAKIL Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw secara blak-blakkan menyatakan, museum di daerah belum optimal fasilitasnya. Padahal keberadaan museum sangat baik untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, serta berkorelasi untuk menunjang pariwisata.

Kandouw kemudian menyebutkan pengalamannya di luar negeri, dimana museum merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Oleh sebab itu museumnya dibikin nyaman untuk dikunjungi.

“Kalau di luar negeri ACnya dingin, nyaman sekali. Betah di dalam, sehari keliling tidak kelar, ” katanya. Tapi museum di Sulut, saat dikunjunginya, tidak ada air conditoner. “Museum kita panas dan tak nyaman,” ujarnya saat menghadiri acara Hari Museum Nasional di Museum Kebudayaan Sulut di Komo Dalam, Manado, Kamis (18/10/2017).

Kandouw dalam kesempatan itu menegaskan, bahwa pemerintah sangat mengapresiasi hari museum.
“Saya apresiasi hari museum, ini akan meningkatkan awarness kita tentang museum. Meningkatkan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air,” ujar Kandouw seraya menekankan, agar museum perlu dioptimalkan sehingga representatif. Dia kemudian membandingkan dengan museum di daerah lainnya.

“Museum di Jogja sudah lebih bagus. Kalau di Sulut belum optimal. Padahal jika dikelola dengan hebat korelasinya juga dengan pariwisata,” kata dia seraya mengakui, Pemprov juga memang masih menganggarkan dana untuk museum masih kecil. “Anggaran untuk museum masih secuil,” katanya.
Namun Pemprov akan cari jalan keluar. Jika sulit dari APBD, bisa dari swasta berupa Corporate Social Responsibity (CSR). (hms/*)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Trending

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: