Connect with us

Bitung

Orda Sulut dan Balmon Manado Gelar Unar Maret 2020

Published

on

UJIAN Negara Amatir Radio (Unar) akan kembali digelar di wilayah Orda (ORARI Daerah) Sulawesi Utara, Maret tahun 2020 ini. Informasi yang diperoleh dari Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Manado dan Orda Sulut menyebutkan, UNAR akan dilangsungkan di dua tempat. Yakni tanggal 14 Maret di Kota Bitung dan tanggal 18 Maret di Kota Kotamobagu. Hal ini turut dibenarkan Ketua ORDA Sulut Erwin Tandaju (YC8RET). 

Tandaju mengatakan, bagi mereka yang ingin mengikuti UNAR bisa melakukan pendaftaran lewat online. Sedangkan syarat pendaftaran memiliki email, e-KTP, pas foto terbaru dengan latar belakang merah, serta mendapatkan surat rekomendasi dari ORARI khususnya untuk peserta ujian kenaikan tingkat.

“Bagi peserta yang berusia di bawah 17 tahun, ada surat pernyataan tidak keberatan dari orangtua/wali atau keterangan dari kepala sekolah,” ungkap Tandaju. Terkait biaya pendaftaran, untuk tingkat siaga Rp50 ribu, Penggalang Rp75.000 dan Penegak Rp100.000. “Unar nantinya akan menggunakan sistem full CAT (Computer Assisted Test),” tukas Tandaju seperti dilansir dari www.komentaren.net.

Jika Anda ingin ikut sebagai peserta Unar, dapat mendaftarkan diri lewat online dengan membuat e-licensing. Caranya, pertama calon peserta Unar harus memiliki email. Atau kalau belum ada email, bisa membuat email pribadi. Setelah itu, membuat akun e-Licensing di website perizinan daring SDPPI yakni (http://iar-ikrap.postel.go.id).

Panjang username minimal 6 karakter dan maksimal 30 karakter (hanya bisa terdiri dari alphabet, angka, titik, dan garis bawah). Kemudian Anda bikin password yang harus memiliki minimal 1 angka, 1 huruf besar, dan 1 huruf kecil dengan jumlah 8 karakter.

Setelah itu sistem akan mengirimkan notifikasi melalui alamat email Anda yang terdaftar untuk konfirmasi registrasi akun. Buka email Anda, dan melakukan konfirmasi dengan klik tautan yang dikirimkan oleh sistem ke email calon peserta.

Berikutnya, calon peserta login dengan akun yang telah terverifikasi. Klik “Permohonan Baru UNAR”. Di situ perlu melengkapi isian data pemohon, dengan melampirkan :

  • Pas Foto Resmi Terbaru (file max 512 kb), dengan latar belakang merah.
  • Scan KTP (file max 512 kb)
  • Surat Keterangan dari Orang Tua atau Wali atau Kepala Sekolah bagi yang belum berusia 17 Tahun (unggah pada kolom file persyaratan)

Nah, calon peserta yang telah diverifikasi oleh Panitia Pelaksana UNAR, akan diterbitkan invoice/SPP. Kemudian Anda melakukan pembayaran invoice/SPP secara online melalui sistem host to host pada Bank yang ditunjuk oleh Pemerintah (Bank Mandiri, BNI, BRI). Terakhir, calon peserta mencetak kartu ujian melalui akun e-Licensing. Kartu ini kemudian dibawa pada saat mengikuti UNAR sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. (krn/*)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2017 PT. Tren Sulut Media Cemerlang l By. MIT