Connect with us

Berita Utama

Tarif Batas Atas Taxi Online di Sulut Rp6500 per Kilometer

Aturan Baru Taksi Online Berlaku Hari Ini 1 November 2017

MULAI Rabu (01/11/2017) ini, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, resmi menerapkan regulasi baru taksi online, yang tertuang dalam Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017.
Aturan ini merupakan hasil revisi dari PM 26/2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Sedikitnya, ada 9 poin yang ditekankan dalam aturan baru tersebut. Antara lain argometer, tarif, wilayah operasi, kuota/perencanaan kebutuhan, persyaratan minimal 5 kendaraan, bukti kepemilikan kendaraan bermotor domisili tanda nomor kendaraan bermotor, sertifikat registrasi uji tipe (SRUT), dan peran aplikator.

Lewat peraturan ini, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menginginkan kesetaraan antara taksi konvensional dan taksi online. Sehingga, keduanya bisa sama-sama bersaing secara sehat dan tak mematikan satu sama lain.

Salah satu aturan baru yang akan diterapkan yakni soal batas bawah dan batas atas tarif. Sulawesi Utara masuk dalam kategori II. Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Sugihardjo, pemberlakuan tarif dibagi dua, wilayah I antara lain Sumatera, Jawa dan Bali. Kemudian wilayah II meliputi Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Dia menjelaskan, wilayah I akan diberlakukan tarif batas atas Rp 6.000 per kilometer dan batas bawah Rp 3.000. Kemudian untuk wilayah II batas atasnya Rp 6.500 per kilometer dan batas bawahnya Rp 3.700 per kilometer. (dtf/*)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Copyright © 2017 PT. Tren Sulut Media Cemerlang l By. MIT

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: