Connect with us

Berita Utama

Mendagri: Pilkada Dijadwalkan Lagi Setelah Covid-19 Tuntas

Published

on

MENTERI Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menegaskan, pengaturan kembali jadwal Pilkada 2020 yang ditunda, akan sangat tergantung perkembangan penanganan penularan Covid-19. Pilkada akan dilanjutkan jika perang terhadap covid-19 sudah tuntas.

“Bila perang melawan Covid-19 ini tuntas, maka saya dan teman-teman di DPR, KPU, Bawaslu dan DKPP akan bertemu lagi untuk urun rembug menentukan jadwal pelaksanaan Pilkada 2020,” kata Tito dalam keterangannya, Rabu (01/04/2020).

Tito menyampaikan, hasil rapat bersama antara KPU, Bawaslu, Komisi II DPR dan DKPP memerintahkan jajarannya untuk segera berkordinasi dengan kementerian terkait. Utamanya dengan Sekretariat Negara agar segera mulai menyusun Perppu Pilkada 2020 sebagai perubahan atas UU 10/2016 yang mengatur Pilkada 2020.

“Jadwal pelaksanaan Pilkada sangat tergantung pada kondisi perkembangan status Covid-19 di Indonesia dan juga di 270 daerah peserta Pilkada 2020,” ucap Tito.

Mantan Kapolri ini pun menyatakan, fokusnya sampai saat ini masih memobilisasi sumberdaya nasional, termasuk seluruh Pemda, seperti Pemerintah Provinsi, Kabupaten, Kotamadya dan seluruh elemen masyarakat untuk bersatu padu melawan Covid-19 demi keselamatan rakyat. “Seluruh perangkat kebijakan dan protokol teknis sudah terkoordinir untuk melawan bahaya Covid-19,” tukasnya.

Menurut Tito, yang menjadi fokus Kemendagri saat ini adalah memobilisasi sumber daya nasional dan daerah untuk mengantisipasi dampak buruk akibat penularan Covid-19.

Secara terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Utara Dr Ardiles Mewoh mengatakan, KPU Sulut menunggu instruksi resmi dari KPU RI terkait langkah ke depan terkait penundaan Pilkada serentak 2020.

“KPU Sulut tentu menunggu instruksi resmi selanjutnya dari KPU RI, namun KPU Sulut sangat mendukung opsi penundaan yang disampaikan KPU RI sebagai arah kebijakan pilkada serentak 2020 karena pandemi COVID-19. Ini tentu untuk alasan kemanusiaan yang jauh lebih penting,” tandasnya. (ts/*)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2017 PT. Tren Sulut Media Cemerlang l By. MIT