Connect with us

Manado

Tim Medis RSUP Kandou Operasi Pasien di Palu

Tim Medis RSUP Kandou melakukan tindakan operasi terhadap pasien korban gempa dan tsunami di Palu.

TIM tanggap darurat RSUP Kandou yang dikirim ke Palu pada tanggal 29 September 2018 lalu, dilaporkan telah melakukan operasi terhadap 26 pasien korban bencana. Tim yang terdiri dari tujuh orang para medik (dokter, perawat dan penata anastesi) bertugas untuk kemanusiaan selama kurang lebih tiga hari di daerah bencana tersebut.

Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Kandou, dr. Celestinus Eigya Munthe, SpKJ.M.Kes selaku koordinator tim tanggap darurat mengatakan, tindakan yang dilakukan tim RSUP Kandou di Palu-Donggala meliputi operasi debridemen, reposisi dan imobilisasi, baik dengan anastesi umum, spinal, maupun anastesi lokal.

Sedangkan kata Munthe, dari hasil analisa lokasi di Rumah Sakit Budi Agung pada saat ini di lokasi bencana, baik kamar operasi, pasokan air bersih, serta listrik sudah bisa dilakukan. Namun dia mengingatkan, idealnya kalau ada tim yang akan datang ke lokasi, sebaiknya dapat menyediakan Logistik sendiri, berupa cadangan bahan bakar, air minum dan makanan, agar tidak menambah beban bagi petugas posko di sana.

Munte juga berharap, jika ada Tim Orthopedi yang ingin ke Palu, sebaiknya dengan tim yang lengkap dan membawa sendiri alat operasi Basic Set, Ocilating saw, Linen, Benang Operasi, Handscoon dan sebaiknya tim Ortopedi tidak melakukan operasi ORIF yang dapat menyebabkan terjadi infeksi Osteomyelitis karena sterilisasi alat dan ruangan yang kurang memadai.

Dikatakannya juga, saat ini pasien di Rumah Sakit Budi Agung sudah tertangani masalah emergencynya, tinggal menunggu penanganan atau operasi definitifnya. (hukormas/ch)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Copyright © 2017 PT. Tren Sulut Media Cemerlang l By. MIT

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: