Connect with us

Manado

RSUP Kandou Gelar Penyuluhan Penyakit Paru

Sambut World Lung Day

PENYULUHAN tentang penyakit paru digelar RSUP Prof RD Kandou Manado menyambut Hari Paru Sedunia (World Lung Day), Selasa (25 September 2018). Kegiatan ini diadakan oleh Divisi Pulmonologi Bagian Penyakit Dalam dan Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit Kandou di bawah pimpinan dr Ivonne E.Rotty,M.Kes, bertempat di ruang tunggu pasien Poliklinik Penyakit Dalam.

Turut hadir Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Kandou Manado, dr Celestinus Eigya Munthe, Sp.KJ,M.Kes, Kepala Bidang Pelayanan Medik dr Hanry Takasenseran, Ns.Suwandi Luneto sebagai Kepala Bidang Keperawatan serta Kepala Seksi Penunjang Medik, Dolly Mokodongan,ST didampingi dr Henny Liwe, M.Kes sebagai Kepala Instalasi Rawat Jalan bersama tim dokter dan promkes lainnya.

Dr Julia Cornelia Lombo, Sp.P(K) selaku narasumber menjelaskan secara umum tentang apa itu penyakit paru, bagaimana pencegahan, serta pengobatannya. Dijelaskan pula TBC dapat disembuhkan dan dicegah melalui cara atau tindakan tidak meludah di sembarangan tempat, menutup mulut pada waktu bersin dan batuk, dan saat pengobatan tidak boleh terputus konsumsi obatnya sebelum benar-benar sembuh.

Dr Munthe memberikan apresiasi terhadap Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit Kandou yang rutin memberikan edukasi kepada pasien serta keluarga pasien lewat penyuluhan seperti ini, dimana pada hari ini kegiatan yang bekerjasama dengan bagian Pulmonologi Penyakit Dalam menggelar penyuluhan terkait Hari Paru Sedunia atau World Lung Day yang jatuh pada tanggal 25 September.

Seusai penyampaian materi dari narasumber, diberikan kesempatan bagi keluarga pasien ataupun pasien untuk bertanya tentang seputar materi yang disampaikan. Kesempatan pun digunakan oleh peserta penyuluhan untuk menanyakan bagaimana pencegahan serta pengobatan penyakit paru yang diderita oleh peserta penyuluhan.

Dokter Julia yang membidangi penyakit paru pun langsung memberikan jawaban serta solusi atas pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan keluarga pasien yang hadir. Sebelum mengakhiri penyuluhan, Tim Promosi Kesehatan rumah Sakit Kandou melakukan demo cara mencuci tangan yang baik dan benar di depan para peserta penyuluhan, serta mengajak pasien dan keluarga pasien untuk menjadi partisipan dengan melakukan demo cara mencuci tangan di depan peserta lainnya.(hukormas/ch)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Copyright © 2017 PT. Tren Sulut Media Cemerlang l By. MIT

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: