Connect with us

Manado

Perdatin Gelar Kuliah Umum di RSUP Kandou

Published

on

INI merupakan pertama kalinya, digelar kuliah Umum di Manado dengan tema “1st Manado Intensive Care and Emergency Update” oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Anastesiologi dan Terapi Intensif (PERDATIN) Sulut, di RSUP Prof Dr RD Kandou Manado, Jumat (26 Oktober 2018). Ilmu terkini tentang perawatan intensif dan kegawatdaruratan pertama bertujuan untuk membantu para dokter spesialis anstesiologi dan spesialis terkait, dokter umum/residen, perawat dan penata anastesi untuk memahami pasien yang berada dalam kondisi kritis dan mempunyai pengertian yang benar tentang pemberian cairan kepada pasien kritis dan pasien yang memiliki risiko tinggi pembedahan.

Kegiatan yang dibuka oleh Direktur Utama RSUP Kandou Manado Dr.dr.Jimmy Panelewen, Sp.B-KBD ini diikuti 377 peserta, yang terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, perawat, dan penata anastesi, baik dari rumah sakit maupun puskesmas yang ada di Manado maupun dari luar kota Manado, seperti Kotamobagu, Minahasa, Provinsi Gorontalo, bahkan dari Provinsi Kalimantan Timur.

Ketua Panitia yang adalah Ketua PERDATIN Sulut dr.Mordekhai Laihad,M.Kes,Sp.An.KIC mengatakan, “Di Indonesia dulunya konsultan intensif Care masih terbatas, tetapi dengan adanya jasa dari tokoh seperti dr.George ini, sehingga ilmu bisa semakin luas dan semakin banyak juga konsultan intensif Care yang dilahirkan. Satu hal yang harus diakui bahwa tim work yang ada di bagian anastesi sangat hebat, sehingga perlu dilakukan acara Kuliah umum seperti ini, dimana partner kerja kami dokter umum dan perawat bisa memiliki akses dan update ilmu,” tuturnya.

Sementara Dirut RSUP Kandou memberikan apresiasi kepada bagian anastesi yang menggelar acara tersebut, karena walaupun persiapan acara dibilang cukup singkat, namun jumlah peserta yang ikut cukup banyak. Ini dilihat dari kapasitas ruangan yang hampir tidak bisa menampung, apalagi dari provinsi Gorontalo dan kalimantan juga hadir saat itu.

Oleh karena itu saya berharap agar semua peserta dapat mengikuti dengan maksimal kegiatan yang sangat bermanfaat ini, karena nantinya akan memberikan konstribusi secara personal maupun kontribusi secara institusional, ujar Dirut. Usai pembukaan, Ketua KSM Anastesi dr.Harold Tambajong, Sp.AN yang bertindak sebagai Moderator, mengambil alih untuk masuk dalam penyajian materi yang disampaikan oleh nara sumber yang sangat berkompeten dr.Yohanes W.H.George, Sp,An-KIC yang merupakan Staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Jakarta.(hukormas/ch)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: