Connect with us

Daerah

Pansus Pengelolaan Sampah DPRD Manado Minta Kajian Kembali Penataan TPA Sumompo

Published

on

Ketua Pansus Mona Kloer

Panitia khusus (Pansus) Pengelolaan Sampah Kota Manado awalnya menolak penataan TPA Sumompo. Alasannya, pansus menginginkan relokasi. Namun tidak bisa dilakukan. Hal itu disebabkan TPA regional di Wori belum siap untuk menampung sampah, karena nanti beroperasi tahun 2021.

Sementara, lokasi pemindahan TPA Sumompo yang direncanakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Manado di Kecamatan Mapanget, tepatnya di karpet biru juga ditolak pansus. Pasalnya tempat tersebut bakal dijadikan lahan pekuburan.

“Jadi sampai saat ini belum ada tempat lain yang menjadi tempat pemindahan TPA Sumompo. Sehingga kita fokus dulu disitu dengan memanfaatkan tanah 2 hektar di samping TPA Sumompo,” kata Ketua Pansus Pengelolaan Sampah, Mona Kloer usai rapat pansus bersama dinas terkait, Selasa (21/5/2019) di ruangan komisi I DPRD Kota Manado.

Lanjut, Mona sapaan akrabnya, saat ini DLH Manado kekurangan alat berat eksavator, bouldoser, dan louder untuk mengelola sampah di TPA Sumompo. Karena itu, pansus menggenjot DLH Manado agar langsung lakukan komunikasi dengan Bapelitbang, supaya bisa dibantu.

“Karena tanpa alat, sampah akan sulit diantar di tanah dua hektar yang terhalangi gunung sampah, dan tidak memiliki akses jalan. Jadi sesuai kesepakatan, TPA Sumompo tetap direhap dengan jangka waktu dua tahun berjalan ini. Tetapi tata kelolanya harus ditata. Karena setiap pagi disana selalu terjadi penumpukan armada sampah sehingga menciptakan macet. Termasuk masyarakat yang terkena dampak harus diberikan bantuan seperti air bersih,” tegasnya.

Turut hadir, anggota pansus lainnya, Jonas Makawata, Vanda Pinontoan, Pingkan Nuah, Janen Lasug, serta Nurdin Paluga, Sekot Manado, Micler Lakat, Kabag Hukum, Yanti Putri, Kepala Bapelitbang Kota Manado, Liny Tambajong dan DLH Manado. (rol)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Trending

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: