Connect with us

Berita Utama

Keintjem Gugat Walikota Manado

Published

on

Mantan Direktur Utama PD Pasar Alfrets Ferry Keintjem menggugat Walikota Manado GS Vicky Lumentut terkait pemberhentian dirinya yang dinilai sepihak.

Gugatan tersebut dilakukan dikarenakan, alasan penerbitan keputusan Walikota Manado nomor 42/KEP/B.04/BKD/2019 tentang pemberhentian dan pengangkatan Direksi Perusahaan Daerah Pasar Kota Manado tertanggal 25 Januari 2019, yang menurut penggugat harus dibatalkan melalui instansi yang berwenang yaitu, Pengadilan tata Usaha Negara (PTUN) c/q juncto UU No 9 tahun 2004 dan UU No 51 tahun 2009 tentang PTUN.

Keputusan pemberhentian tersebut juga seperti yang tertuang dalam gugatan tidak sah, karena bertentangan dengan ketentuan hukum yang berlaku, mengacu dari bunyi diktum kedua SK Walikota No.03/KEP/B.04/BKD/2018.

“Kalau mengacu dari PP 54 tahun 2017 itu harus mencantumkan alasan-alasan pemberhentian. Ini kami diberhentikan dengan hormat dan tidak tahu alasannya apa. Kita hanya mencari kebenarannya saja, materi gugatan kami ini dari sisi administrasi, supaya siapapun yang akan menjabat harus mematuhi aturan,” kata Keintjem Kamis (29/08).

Lebih lanjut dijelaskannya, banyak sekali koreksi yang membuat pihaknya merasa terpanggil untuk meluruskan kekeliruan tersebut.

“Konsideran SK itu catat hukum, karena berlaku pada perusahaan daerah air minum, sedangkan kami ini PD Pasar. Kalau memang ada masalah, kami tidak akan diberhentikan dengan hormat. Jadi intinya kami terpanggil untuk lakukan koreksi lewat jalur resmi yang disiapkan pemerintah,” tambahnya usai mengikuti sidang kali kedua itu.

Keintjem sendiri menyebutkan kalau pengangkatan direksi baru PD Pasar tidak sesuai dengan aturan. “Kalau mengacu dari aturan, itu bisa dikatakan hanya main tunjuk saja. Sedangkan aturan bilang, harus punya pengalaman kerja minimal 5 tahun, dari segi umur, tidak bisa dari pengurus parpol. Bahkan ada aturan yang bilang harus melewati fit dan propertes dari panitia,” pungkasnya menutup. (red)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Trending

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: