Connect with us

Berita Utama

Jokowi: Dana Kelurahan Diusulkan Apeksi (Era GSVL)

TIGA tahun lalu ketika menjabat Ketua Dewan Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia),
GS Vicky Lumentut (GSVL) selaku Walikota Manado, mengusulkan agar pemerintah memberikan dana kelurahan, agar ada asas keadilan karena hanya dana desa yang diberikan. Kini usulan Ketua Apeksi periode 2012-2016 itu akan dikabulkan Presiden Jokowi.

Hal ini diakui Jokowi bahwa itu memang usulan Apeksi. Katanya, usulan untuk memberikan dana bagi kelurahan juga bukan datang dari pemerintah pusat, melainkan dari pemda. Hal ini telah disampaikan oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) sejak 3 tahun lalu.

“Masukan itu diberikan lurah-lurah kepada wali kota, sekarang Ketua Wali Kota (Apeksi) ada di sini, tanya ke Bu Airin, Ketua Apeksi. Alurnya dari bawah, dari lurah, ke wali kota, ke kita. Sudah diusulkan Apeksi 3 tahun lalu. Payung hukumnya kan nanti sudah disetujui oleh DPR, artinya payung hukumnya ya APBN. UU APBN dong. Ini kan stimulan,” jelas Jokowi, Rabu (24/10/2018).

Oleh sebab itu, Presiden meminta agar rencana pemerintah untuk memberikan dana bagi kelurahan tidak dijadikan polemik. Sebab, dana ini dialokasikan untuk memperbaiki kualitas lingkungan dan sumber daya manusia (SDM) di perkotaan. Jokowi mengungkapkan, wilayah kerja pemerintah daerah (pemda) bukan hanya sebatas di desa saja, tetapi juga kelurahan yang biasanya berada di perkotaan. Oleh sebab itu, perlu adanya keadilan antara desa dan kelurahan dalam hal alokasi anggaran.

“Jadi yang namanya pemda itu ada kabupaten, kota, provinsi. Dana desa hanya diberikan untuk kabupaten. Kemudian yang kota, itu memberikan masukan kurang-kurang di kota. Karena di kota itu juga perlu dana untuk membangun selokan, jalan di kampung, peningkatan pelatihan kerja, SDM,” ujar Jokowi.

Seperti diketahui saat ini Ketua Dewan Pengurus Apeksi adalah Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany untuk periode 2016-2020. Dia menggantikan GSVL selaku Ketua Dewan Pengurus periode 2012-2016 lewat Munas di Jambi lalu. (ts/sbr/dtc)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Copyright © 2017 PT. Tren Sulut Media Cemerlang l By. MIT

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: