Connect with us

Berita Utama

Belum Bayarkan Gaji Karyawan, PT Capitol Primera City bakal kena Sangsi

Fanny Legoh

PT Capitol Primera City (CPC) Manado terancam kena sangsi terkait dengan pelanggaran normatif. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kota Manado Donald Supit saat ditemui diruang kerjanya Senin (18/3).

Menurutnya, sesuai aturan pasal 90 poin 1, Pengusaha dilarang membayar upah lebih rendah dari upah minimum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 89. Apalagi kata Supit kalau ada perusahaan yang sama sekali tidak membayarkan gaji pekerja.

“Membayarkan gaji kan hal wajib perusahaan, jadi kalau ada laporan seperti ini tentu merupakan suatu pelanggaran, tambah lagi perusahaan membayar gaji dibawah upah minimum,” kata Supit.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa meski wewenang sudah diambil alih propinsi, namun pihaknya akan menindaklanjuti kasus salah-satu karyawan PT CPC yang sesuai laporan belum dibayarkan gaji selama kurang lebih dua bulan.

“Ada enam orang pegawai fungsional kami yang sudah dimutasi kesana , untuk membantu lakukan pengawasan sampai penindakan bagi perusahaan yang melakuka pelanggaran,” ujarnya kembali.

Senada disampaikan Kepala Bidang Hubungaan industri dan jaminan sosial Eva Pandensolang bahwa, laporan yang masuk akan ditindaklanjuti ke pihak propinsi. bahkan Ia menyebutkan, apabila ada temuan pelanggaran, perusahaan tersebut akan mendapatkan sangsi pidana dan denda. “kalau ada temuan, sangsi pidana dan denda sebesar 100 sampai 400 juta rupiah,” beber Pandensolang.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sulut Fanny Legoh mengatakan, perlu ada kajian kembali dari pihak terkait masalah penundaan upah tersebut. Kata Legoh, komisi akan menanggapi ketika dibuatkan surat langsung ke DPRD apabila korban merasa tidak puas. “karena hanya satu orang, bisa dikajikembali. Karena sifatnya pribadi, tapi komisi siap menerima kalau memang ada surat resmi dari bersangkutan. Dan pasti kami akan panggil redaksi capitol,” pungkas Legoh Selasa (19/03).(rollysondakh)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Copyright © 2017 PT. Tren Sulut Media Cemerlang l By. MIT

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: