Connect with us

Berita Utama

Meriah, Acara Bakudapa Kawanua Eropa di Zurich

Acara Kawanua Bakudapa Eropa di Swiss Berlangsung Sukses.

ACARA “Bakudapa Kawanua Eropa 2018” yang digelar di Gemeinschafzentrum Zurich (Swis), Sabtu (19/05/2018) waktu setempat, berlangsung meriah. Sedikitnya 150 orang yang datang dari berbagai negara Eropa, seperti Jerman, Prancis, Austria dan Belanda, hadir dalam acara silaturahmi sesama warga kawanua yang bermukim di Eropa bersama keluarga masing-masing.

Acara bernuansa kekeluargaan ini diawali sambutan Ketua Panitia, Audrey Weisskopf dan dilanjutkan dengan ibadah (ouikumene) yang dipimpin Ibu Talita Doodoh. Sedangkan persembahan yang terkumpul dalam ibadah tersebut akan didiakoniakan ke Panti Asuhan Cacat Netra GMIM Bartemeus di Malalayang, Manado.

Menariknya, saat ramah tamah, tersaji kuliner khas Sulawesi Utara yang merupakan partisipasi langsung anggota Kawanua Swiss dan sebagian dari kawanua Jerman, Prancis, Belanda dan Austria. Acara kemudian dilanjutkan dengan perkenalan singkat dari masing-masing Kawanua Swiss dan anggota Kawanua negara lainnya yang hadir.

Meski sebagian besar sudah lama bermukim di Eropa, namun kecintaan mereka untuk kemajuan kampung halaman tercinta diwujudkan dengan mempromosikan Pariwisata Sulut lewat seni budaya tradisional Minahasa, yang merupakan highlights dari acara tersebut. Seperti halnya pertunjukan tarian lenso yang dipersembahkan Bellinda Süs Samah,  anak dr Ritta Süs Samah-Kansil, salah satu anggota Kawanua Swiss. Promosi Pariwisata dibawakan Belgis Tramaux-Mangimbulude yang adalah Putri Pariwisata Bitung 2007.

Sementara Lagu wujud kecintaan terhadap Minahasa juga turut disenandungkan Yoan Rudolph-Sepang yang dengan apik melantunkan lagu “Oh Minahasa”. Suasana makin meriah ketika para hadirin dihibur dengan tarian Poco-Poco yang dipandu anggota Kawanua dari Jerman, dan dilanjutkan game-game atraktif.

Hadirin makin surprise karena panitia yang secara mandiri mengupayakan terlaksananya kawanua bakudapa ini, memberikan seabrek door prize. Hadiahnya meliputi CD, Buku Pariwista, Batik Minahasa, serta sebagian souvenir Sulawesi Utara yang merupakan sumbangan dari Pemerintah Sulut.

Tak ketinggalan juga, panitia secara khusus menyiapkan hadiah berupa voucher menginap dan kuliner menginap 2 malam di Gardenia Country Inn Tomohon, Makan di Restoran Ananas Manado, Beautika Jakarta, Pondok Hijau Manado, Mie Cakalang Jakarta, serta penginapan Villa Shiera Amurang, Teling Hills Manado, Hotel Logos Forte dei Marmi, Italy (2 malam) serta 30 Menit “Private Flight Over the Swiss Alpens” yang dipersembahkan Markus & Yoan Rudolph-Sepang.

Menurut Wakil Ketua Panitia, Yoan Rudolph-Sepang, acara ini adalah bentuk silaturahmi untuk mempererat tali persaudaraan sesama Kawanua yang berada di perantuan, khususnya di Benua Eropa. “Sekaligus juga wadah untuk memperkenalkan dan mempromosikan budaya dan pariwisata Sulawesi Utara,” katanya sembari menambahkan, acara tersebut adalah bukti nyata serta usaha mandiri dari Kawanua Swiss selaku tuan rumah, tanpa sumbangan dana dari pihak manapun.

“Kecuali hadiah-hadiah door prizes dan makanan yang datang dsari anggota Kawanua Jerman, ini adalah murni usaha Kawanua Swiss semata. Dan tentunya ini bisa terlaksana hanya karena berkat kemurahan Yang Maha Kuasa,” katanya seraya menyatakan terima kasih panitia terhadap berbagai pihak yang sudah memberi sponsor dan sumbangsih teman-teman sesama kawanua.

Adapun susunan panitia acara Bakudapa Kawanua Eropa 2018 yang digelar di Zurich, masing-masing:
* Frankie MASSIE
* Robert C. MONINGKA
* Cynthia Kaluntas-LEBET
* Audrey WEISSKOPF
* Yoan Rudolph-SEPANG
* Aaltje Kujawski-LEGOH
* Belgis Tramaux-MANGIMBULUDE
*Herlyna Bahler-MANDANG
* Ritta SAMAH-Kansil
* Marcell Marcelino TAROREH

(kwn/ts)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Utama

Menanti Ketajaman Pena Jamal Khashoggi

Jamal Khashoggi.

VERONICA Guerin dan Jamal Khashoggi adalah dua sosok yang hidup berlainan negara. Veronica warga Irlandia dan Jamal berasa dari Arab Saudi. Persamaannya, mereka berdua adalah jurnalis yang dibunuh dengan sadis karena mengungkap ketidakbenaran lewat tulisan.

Guerin mati diberondong peluru oleh bandar narkoba kakap. Namun lewat kematiannya, pemerintah Irlandia membekukan aset pengedaran narkoba dan angka kriminalitas pun turun hingga 20%. Sedangkan kematian Jamal yang juga diduga dibunuh secara sadis, kini mengancam kedudukan dan tahta di kerajaan Arab Saudi. Menarik menanti ketajaman pena Khashoggi, apakah mampu menumbangkan balik kejahatan para pembunuhnya, sekaligus membongkar kebobrokan oknum penguasa di dalamnya?

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, akan mengungkap secara terang-terangan bagaimana jurnalis Jamal Khashoggi tewas di kantor konsulat Arab Saudi di Istanbul. Erdogan berjanji akan menjelaskan semua ‘rincian’ kematian Khashoggi dalam sebuah pidato besok.

“Saya akan membuat pernyataan tentang ini pada Selasa (23/10) dalam sebuah pertemuan. Karena kami mencari keadilan di sini, kami akan mengungkap semuanya secara terang-terangan,” kata Erdogan, dikutip dari Sky News, Senin (22/10/2018).

“Mengapa 15 warga Saudi datang ke negara kami? Mengapa 18 orang ditangkap? Semua ini perlu dijelaskan secara rinci. Saya akan menjelaskan semua ini dengan cara yang berbeda dalam pidato dengan kelompok saya,” tambahnya.

Komentar Erdogan didukung oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang juga mengharapkan informasi mendetail tentang kematian Khashoggi. Trump juga mengatakan akan berbicara dengan Pangeran Muhammad bin Salman sesegera mungkin. Keduanya berbicara melalui telepon untuk mengklarifikasi bagaimana sebenarnya Khashoggi tewas.

Media pro-pemerintah Turki mengatakan bahwa 15 warga Saudi melakukan perjalanan ke Turki untuk membunuh Khashoggi pada 2 Oktober lalu. Namun demikian, Saudi membantah bahwa pihaknya ada kaitannya dengan pembunuhan Khashoggi.

Kini buntut kematian Jamal, gelar Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) sebagai Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi dikabarkan terancam. Hal ini menyusul mencuatnya dugaan keterlibatannya dalam skandal kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di Turki.

Pada 18 Oktober, surat kabar Prancis Le Figaro, dengan mengutip sumber diplomatik di Paris, melaporkan bahwa Dewan Suksesi Kerajaan Arab Saudi (Allegiance Council) “telah mengadakan pertemuan rahasia untuk membahas kasus Jamal Khashoggi yang tewas di Konsulat Saudi di Istanbul atas perintah MBS,” demikian seperti dikutip dari media Iran Press TV, Senin (22/10).

“Allegiance Council, yang menunjuK Pangeran bin Salman sebagai putra mahkota baru tahun lalu dengan melanggar aturan-aturan umum suksesi, sekarang berencana untuk menunjuk Pangeran Khalid bin Salman, Duta Besar Saudi untuk Amerika Serikat, sebagai deputi putra mahkota,” lanjut Press TV mengutip Le Figaro.

Khalid bin Salman sendiri merupakan adik kandung Pangeran MBS. Sebuah sumber Arab Saudi menjelaskan kepada Le Figaro, jika Khalid bin Salman (KBS) memang benar akan ditunjuk, itu berarti bahwa MBS akan meninggalkan posisinya di tahun-tahun mendatang. Dengan cara ini, kekuatan tetap ada di klan Salman, tambah laporan itu.

Menurut laporan itu, KBS, yang populer baik di dalam maupun di luar negeri, secara bertahap akan mengambil alih saudaranya dan menggantikannya pada hari-hari kemudian. Khalid bin Salman (28), terbang ke Riyadh pekan lalu, The New York Times melaporkan Senin 16 Oktober 2018. Surat kabar itu menambahkan bahwa KBS tidak akan kembali ke AS sebagai utusan Saudi. Belum jelas siapa yang akan menggantikan KBS untuk posisi Dubes Saudi untuk AS yang ditinggalkannya.

Tapi, laporan dari CBS News menyatakan hal sebaliknya. Media itu melaporkan, “Kementerian Luar Negeri AS memahami bahwa KBS akan kembali mengisi posisinya sebagai Dubes Saudi untuk AS,” demikian seperti dikutip dari Newsweek.

Le Figaro mencatat bahwa MBS merupakan musuh besar di kalangan Allegiance Council, dengan melanggar kesepakatan di antara pangeran kelas satu dari berbagai klan keluarga kerajaan, karena instan menerima kekuasaan mengingat statusnya sebagai putra Raja Salman. Kendati demikian, berbagai kabar itu, termasuk yang seputar Jamal Khashoggi, belum terkonfirmasi dan diumumkan secara resmi oleh pejabat berwenang. Pihak Arab Saudi sendiri membantah keterlibatan Mohammed bin Salman dalam dugaan pembunuhan Jamal Khashoggi. Menarik ditunggu kasus Jamal yang disebut-sebut dimutilasi oleh agen khusus yang terdiri dari beberapa dokter patologi.

Jamal adalah jurnalis yang kerap mengkritik kerajaan Arab Saudi. Dia kemudian tinggil di AS karena mendapat ancaman. Namun ketika hendak menikah dan mengurus dokumen di kedutaan Arab Saudi di Turki, Jamal tidak pernah pulang lagi ke AS. Jamal diduga dieksekusi oleh tim khusus. (ts/sbr)

Continue Reading

Berita Utama

Polisi Ciduk Tersangka Pelaku Pungli Parkir di Pasar Bersehati

FP diciduk saat menagih retribusi parkir ilegal di Pasar Bersehati.

SEJAK pemberlakuan  otomatisasi portal lahan parkir di Pasar Bersehati, masyarakat mengingatkan PD Pasar agar menyikapi masih adanya pungli (pungutan liar) retribusi parkir yang dilakukan sejumlah oknum.

Menariknya, tersangka pelaku pungli parkir akhirnya diamankan, menyusul aksinya meminta biaya parkir terhadap pengendara yang kebetulan adalah seorang petugas kepolisian.

Peristiwa mirip OTT (Operasi Tangkap Tangan) ini terjadi Kamis, 18 Oktober 2018, Pukul 06.30 Wita. Yang sedikit berbeda, kalau OTT memang sudah diincar sebelumnya, namun kali ini polisi yang menciduk pelaku pungli, kebetulan hendak berbelanja di pasar tersebut.

Dirut PD Pasar Fery Keintjem membenarkan adanya tukang parkir liar yang diamankan petugas. “Waktu itu si pengendara sepeda motor yang ditagih parkir ternyata seorang anggota polisi, sehingga si tukang parkir akhirnya diamankan,” ungkap Keintjem.

Dan dari bukti yang disita dari tangan oknum petugas parkir ilegal yang masih remaja itu, uang sebesar Rp.452.000.

“Ini adalah tindakan proaktif dari Pihak Kepolisian dalam rangka membasmi dan Berantas Pungli yang ada di Pasar Tradisional. PD Manado sendiri sudah tidak lagi menarik pembayaran Parkir di Pelataran Pasar Bersehati, kecuali di Pintu Keluar dgn menunjukkan Bukti Parkir,” ungkap Keintjem.

Menariknya, tersangka pungli yang diketahui bernama Fijai alpas FP (16 tahun), dikenal sebagai pedagang di pasar tersebut.

FP kelahiran Gorontalo dan berdomisili di Pasar Rumah Makan bersehati Kelurahan Calaca, Kecamatan Wenang.

Terkait penangkapan pelaku pungli ini, sejumlah warga meminta agar pihak kepolisian bisa menelusuri oknum-oknum yang memback-up di belakang tersangka. “Usut tuntas, bisa saja tersangka tidak sendiri, tapi ada yang menyuruhnya,” ungkap warga. (ts/sbr)

Continue Reading

Berita Utama

Dikeluhkan, Tarif Parkir yang Ditetapkan PD Pasar Manado

Dirut PD Pasar Manado, Fery Keintjem memberi langsung tiket masuk portal parkir di Pasar Bersehati.

PENGGUNAAN Portal Parkir di Pasar Bersehati Manado menuai apresiasi bagi PD Pasar. Namun tarif parkir yang ditetapkan Rp5.000 untuk roda empat dan Rp3.000 (roda dua) pada jam pertama, mengundang keluhan di kalangan masyarakat. Banyak yang menilai, tarif pasar yang ditetapkan direksi PD Pasar sudah melebihi parkiran di pasar moderen, bahkan mall.

Bahkan ada sinyalemen, selain membayar parkir resmi yang dikelola PD Pasar, ternyata masih saja ada parkir ‘liar’ di dalam pasar yang dilakukan oknum-oknum tertentu. Di media sosial facebook, masalah biaya parkir ini juga banyak disorot masyarakat.

Sementara Dirut PD Pasar Manado, Fery Keintjem, dalam akun facebooknya menyatakan, penggunaan portal parkir di Pasar Bersehati yang telah diuji coba, berdampak pada tidak ada pungutan liar, lokasi parkir makin tertib. “Dan pendapatan naik 168 persen,” kata Keintjem.

Ketika ditanyai darimana landasan tarif parkir ditetapkan, Keintjem mengatakan sesuai Perda nomor 1 tahun 2013 bahwa ketentuan itu diatur oleh direksi PD Pasar. Namun dia menyatakan, tarif yang digunakan saat ini sudah ditetapkan sebelum direksi saat ini.

Sementara untuk Perda Manado nomor 4 Tahun 2011, biaya parkir kendaraan bermotor roda empat disebutkan hanya Rp2.000 sekali parkir. Namun ketentuan ini hanya menyebutkan parkir di tepi jalan. Sedangkan di dalam areal pasar diatur oleh direksi PD Pasar sesuai Perda nomor 1 Tahun 2013. (ts/*)

Continue Reading

Berita Utama

Bartagana: Kami Andalkan Semangat dan Jiwa Kemanusiaan

BARTAGANA (Bohusami Amatir Radio Tanggap Bencana) adalah sebuah komunitas yang sebagian besar anggotanya berasal dari kalangan amatir radio. Tujuan organisasi ini untuk kemanusiaan. Ketika bencana terjadi, anggotanya langsung sigap, meninggalkan keluarganya di rumah untuk menyelamatkan nyawa yang terancam dan menolong masyarakat.

Hebatnya, Bartagana yang sudah eksis sekitar 4 tahunan ini, bergerak dengan swadaya dana alias tidak mengharapkan bantuan finansial dari pemerintah.

Mereka bergotong-royong menyiapkan dana. Biaya operasional demi kemanusiaan Bartagana juga tak lepas dari sang ketua, Erwin Tandaju.

Baru-baru ini, Bartagana mengirimkan relawan dan bantuan ke Palu, setelah sebelumnya juga mengirimkan anggota di lokasi bencana Lombok.

“Kami memang tidak serta merta berangkat ke lokasi bencana Sulawesi Tengah. Kami harus melakukan penggalangan dana untuk operasional dan bantuan ke Palu,” ungkap Tandaju yang juga dikenal sebagai Ketua Orlok (ORARI Lokal) Manado.

Anggota Bartagana sendiri bukan hanya memiliki skill dalam telekomunikasi darurat (amatir radio), namun sebagian besar anggotanya sudah terlatih untuk berbagai tindakan penyelamatan. Sehingga tak berlebihan jika Basarnas acap kali bekerjasama dengan Bartagana dalam berbagai upaya pencarian orang hilang maupun giat dalam bencana.

Sejumlah anggota Bartagana yang ditemui mengatakan, mereka berkecimpung dalam organisasi tersebut, semata-mata demi kemanusiaan. “Modal kami adalah semangat, kompak dan jiwa kemanusiaan yang tinggi,” ungkap Sjamsu.

Sementara Tandaju mengakui, anggota Bartagana merupakan orang-orang yang telah terseleksi dalam upaya tanggap bencana. “Mereka gelisah jika ada bencana namun tidak turun langsung membantu,” tukas pria yang juga dipercayakan sebagai Ketua Pokja Penanggulangan Bencana Pria Kaum Bapa Sinode GMIM ini.

Bartagana saat ini memiliki ratusan anggota yang tersebar di berbagai kabupaten/kota di Sulawesi Utara. (ts/*)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: