Connect with us

Internasional

Jokowi Lantik SHS Jabat Dubes untuk 3 Negara

JAKARTA –  Mantan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Dr Sinyo Harry Sarundajang (SHS) resmi menjabat Duta Besar (Dubes) untuk tiga negara, masing-masing Filipina merangkap Kepulauan Marshall dan Republik Palau. SHS dilantik Presiden Joko Widodo bersama 16 dubes lainnya di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/05/2018).

Prosesi pelantikan diawali pembacaan Keputusan Presiden Nomor 30p Tahun 2018 dan 31p Tahun 2018 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh oleh Deputi Bidang Administrasi dan Aparatur Kementerian Sekretariat Negara.

Setelah itu, prosesi pelantikan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan di depan rohaniwan dengan kitab suci agama masing-masing dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

Berikut daftar Duta Besar yang dilantik:

1. Drs Ade Padmo Sarwoni MA, Duta Besar Republik Indonesia untuk ASEAN
2. Arif Havas Oegroseno SH, LLM, Duta Besar Republik Indonesia untuk Jerman
3. Drs Djauhari Oratmangun, Duta Besar Republik Indonesia untuk China
4. Drs Hermono MA, Duta Besar Republik Indonesia untuk Spanyol merangkap Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO)
5. Hersindaru Arwityo Ibnu Wiwoho Wahyutomo SH, LLM, Duta Besar Republik Indonesia untuk Portugal
6. Irjen Prof Dr Iza Fadri, Duta Besar Republik Indonesia untuk Myanmar
7. Irjen Drs M Amhar Azeth SH, Duta Besar Republik Indonesia untuk Moldova
8. Dra Marina Estella Anwar Bey, Duta Besar Republik Indonesia untuk Bolivia
9. Muliaman Darmansyah Hadad, Duta Besar Republik Indonesia untuk Swiss merangkap Liechtenstein
10. Dra Niniek Kun Naryatie, Duta Besar Republik Indonesia untuk Argentina merangkap Paraguay dan Uruguay
11. Des RP Pratito Soeharyo, Duta Besar Republik Indonesia untuk Laos
12. Raden Mohammad Benyamin Scott Carnadi SH, MBA, LLM, Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Fiji merangkap Republik Kiribari, Republik Nauru, dan Tuvalu
13. Drs Rossalis Rusman Adenan MBA, Duta Besar Republik Indonesia untuk Sudan merangkap Eritrea
14. Dr Drs Sinyo Harry Sarundajang, Duta Besar Republik Indonesia untuk Filipina merangkap Kepulauan Marshall dan Republik Palau
15. Sudirman Haseng SE, MSi, Duta Besar Republik Indonesia untuk Kamboja
16. Dr Sudjatmiko MA, Duta Besar Republik Indonesia untuk Brunei
17. Prof Dr Todung Mulya Lubis, Duta Besar Republik Indonesia untuk Norwegia merangkap Islandia.

(*sbr/dtc)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Utama

Meriah, Acara Bakudapa Kawanua Eropa di Zurich

Acara Kawanua Bakudapa Eropa di Swiss Berlangsung Sukses.

ACARA “Bakudapa Kawanua Eropa 2018” yang digelar di Gemeinschafzentrum Zurich (Swis), Sabtu (19/05/2018) waktu setempat, berlangsung meriah. Sedikitnya 150 orang yang datang dari berbagai negara Eropa, seperti Jerman, Prancis, Austria dan Belanda, hadir dalam acara silaturahmi sesama warga kawanua yang bermukim di Eropa bersama keluarga masing-masing.

Acara bernuansa kekeluargaan ini diawali sambutan Ketua Panitia, Audrey Weisskopf dan dilanjutkan dengan ibadah (ouikumene) yang dipimpin Ibu Talita Doodoh. Sedangkan persembahan yang terkumpul dalam ibadah tersebut akan didiakoniakan ke Panti Asuhan Cacat Netra GMIM Bartemeus di Malalayang, Manado.

Menariknya, saat ramah tamah, tersaji kuliner khas Sulawesi Utara yang merupakan partisipasi langsung anggota Kawanua Swiss dan sebagian dari kawanua Jerman, Prancis, Belanda dan Austria. Acara kemudian dilanjutkan dengan perkenalan singkat dari masing-masing Kawanua Swiss dan anggota Kawanua negara lainnya yang hadir.

Meski sebagian besar sudah lama bermukim di Eropa, namun kecintaan mereka untuk kemajuan kampung halaman tercinta diwujudkan dengan mempromosikan Pariwisata Sulut lewat seni budaya tradisional Minahasa, yang merupakan highlights dari acara tersebut. Seperti halnya pertunjukan tarian lenso yang dipersembahkan Bellinda Süs Samah,  anak dr Ritta Süs Samah-Kansil, salah satu anggota Kawanua Swiss. Promosi Pariwisata dibawakan Belgis Tramaux-Mangimbulude yang adalah Putri Pariwisata Bitung 2007.

Sementara Lagu wujud kecintaan terhadap Minahasa juga turut disenandungkan Yoan Rudolph-Sepang yang dengan apik melantunkan lagu “Oh Minahasa”. Suasana makin meriah ketika para hadirin dihibur dengan tarian Poco-Poco yang dipandu anggota Kawanua dari Jerman, dan dilanjutkan game-game atraktif.

Hadirin makin surprise karena panitia yang secara mandiri mengupayakan terlaksananya kawanua bakudapa ini, memberikan seabrek door prize. Hadiahnya meliputi CD, Buku Pariwista, Batik Minahasa, serta sebagian souvenir Sulawesi Utara yang merupakan sumbangan dari Pemerintah Sulut.

Tak ketinggalan juga, panitia secara khusus menyiapkan hadiah berupa voucher menginap dan kuliner menginap 2 malam di Gardenia Country Inn Tomohon, Makan di Restoran Ananas Manado, Beautika Jakarta, Pondok Hijau Manado, Mie Cakalang Jakarta, serta penginapan Villa Shiera Amurang, Teling Hills Manado, Hotel Logos Forte dei Marmi, Italy (2 malam) serta 30 Menit “Private Flight Over the Swiss Alpens” yang dipersembahkan Markus & Yoan Rudolph-Sepang.

Menurut Wakil Ketua Panitia, Yoan Rudolph-Sepang, acara ini adalah bentuk silaturahmi untuk mempererat tali persaudaraan sesama Kawanua yang berada di perantuan, khususnya di Benua Eropa. “Sekaligus juga wadah untuk memperkenalkan dan mempromosikan budaya dan pariwisata Sulawesi Utara,” katanya sembari menambahkan, acara tersebut adalah bukti nyata serta usaha mandiri dari Kawanua Swiss selaku tuan rumah, tanpa sumbangan dana dari pihak manapun.

“Kecuali hadiah-hadiah door prizes dan makanan yang datang dsari anggota Kawanua Jerman, ini adalah murni usaha Kawanua Swiss semata. Dan tentunya ini bisa terlaksana hanya karena berkat kemurahan Yang Maha Kuasa,” katanya seraya menyatakan terima kasih panitia terhadap berbagai pihak yang sudah memberi sponsor dan sumbangsih teman-teman sesama kawanua.

Adapun susunan panitia acara Bakudapa Kawanua Eropa 2018 yang digelar di Zurich, masing-masing:
* Frankie MASSIE
* Robert C. MONINGKA
* Cynthia Kaluntas-LEBET
* Audrey WEISSKOPF
* Yoan Rudolph-SEPANG
* Aaltje Kujawski-LEGOH
* Belgis Tramaux-MANGIMBULUDE
*Herlyna Bahler-MANDANG
* Ritta SAMAH-Kansil
* Marcell Marcelino TAROREH

(kwn/ts)

Continue Reading

Berita Utama

Naik Kereta dan Bus Sepuasnya di AS dengan Budget Rp500 Ribu

Catatan Perjalanan Trensulut di Negeri Paman Sam (1)

Penulis saat akan bertolak dengan bus dari New York ke Boston.

ANDA ingin berlibur ke Negeri Paman Sam? Ini sedikit tips untuk berpelesiran di AS (Amerika Serikat) dengan transportasi publik, seperti kereta (train) dan bus. Mungkin di benak Anda, biaya transportasi publik di AS mahal? Buang jauh-jauh pikiran itu, kecuali Anda ingin naik taksi.

Jika kita tahu dan sedikit mau berusaha, bukan tidak mungkin keliling kota di AS dengan kereta dan bus tergolong sangat murah. Mungkin Anda tidak percaya bahwa dengan budget Rp500 ribu saja, Anda sudah bisa berjalan-jalan ria ke berbagai tempat menarik dengan kereta dan bus.

Antrian penumpang saat naik bus.

Simak pengalaman wartawan trensulut.com ketika mengunjungi AS, termasuk beberapa kota besar seperti New York, Boston, Washington, Philadelfia, Los Angeles dan Las Vegas. Salah satu kunci menikmati biaya hemat untuk jalan-jalan dengan moda transportasi kereta dan bus di AS, adalah planning jauh-jauh hari. Terutama ketika Anda ingin melakukan perjalanan dari kota ke kota lainnya dengan bus atau kereta.

Sebaiknya (minimal) dua bulan sebelum berangkat, Anda sudah memesan tiket secara online. Jika Anda rajin surfing di internet, bukan tidak mungkin perjalanan antar kota dengan bus seperti rute New York ke Washington, Filadelfia atau Boston dan kota-kota lainnya, budget yang kita keluarkan tidak lebih dari Rp15.000. Sangat murah kan? Bahkan jauh lebih murah tiket bus Manado-Gorontalo yang mencapai ratusan ribu rupiah, malah bahkan masih lebih hemat ketika kita naik bus Manado-Kotamobagu yang budgetnya sudah di atas Rp15 ribu.

Belum lagi fasilitas bus di AS dilengkapi dengan AS dan ada toilet di dalamnya. Bahkan beberapa di antaranya ada wifi, sehingga kita bisa berinternet di perjalanan. Dua bus terkenal berbiaya budget di AS adalah mega bus dan greyhound. Dan kedua moda transportasi terkenal ini kerap memberi promo tiket hanya 1 USD (atau RpRp13.800-Rp14.000–tergantung kurs) per penumpang.

Kereta subway (bawah tanah) di AS.

Maka itu rajin-rajinlah melakukan pengecekan di website mereka yakni www.megabus.com atau www.greyhound.com. Penulis sendiri ketika melakukan perjalanan dari New York ke Boston yang jauhnya memakan waktu sekitar 4-5 jam (tergantung traffic/kemacetan), memang sedikit kurang beruntung. Saya memesan tiket sebulan sebelum berangkat, sehingga hanya mendapatkan harga 5 USD per penumpang atau sekitar Rp69 ribu (kurs Rp13.800). Tapi harga ini termasuk masih lebih murah dibanding tiket bus Manado-Gorontalo atau bahkan Manado-Kotamobagu kan?

Lalu bagaimana cara bookingnya? Anda tentunya perlu membuka websitenya dan pilih rute serta tanggal perjalanan. Dan ketika melakukan booking atau reservasi membeli tiket, menggunakan kartu kredit. Harganya akan sedikit naik jika kita mau memilih tempat duduk. Tapi duduk dimana saja, tetap nyaman dalam busnya. Kursinya sekelas pesawat dan ada tempat charger lagi, yang bagi beberapa pesawat malah tidak ada.

Tapi ingat, jika ingin naik bus, Anda hanya diperbolehkan membawa satu koper dan tas bawaaan tangan atau ransel per penumpang. Jika Anda membawa lebih dari satu koper (untuk bagasi), maka koper tambahan akan dikenakkan biaya tambahan. Dan biaya tambahan ini lebih mahal jauh dari tiket yang Anda beli, yakni mencapai 20 USD.

METRO

Tadi kita bicara soal bus antar kota. Sekarang bagaimana dengan moda publik dalam kota. Transportasi publik terkenal murah dalam kota yakni subway (kereta bawah tanah) dan bus di AS, disebut metro. Untuk naik moda transportasi ini, tiketnya disebut metro card. Harga dan jenis tiket ini variatif. Ada yang sekali perjalanan, ada juga yang per hari.

Untuk sekali perjalanan harganya 3 USD (sudah plus kartu). Kartu ini bisa Anda top up jika ingin menambah jangkauan bepergian. Tergantung berapa banyak naik kereta dan rute yang ingin Anda lakukan. Untuk membeli kartunya, banyak tersedia mesin pembelian (vending mesin) di station-station atau terminal subway.

Satu kartu bisa dipergunakan sampai empat orang, tergantung nilai top up Anda di dalam metro card. Misalkan Anda ada 4 orang, dan ingin menuju dari satu station ke station lainnya, berarti setidaknya pulsa di metro card Anda ada 12 USD. Hitungannya per trip 2.75 USD per orang.

Pengalaman penulis saat membeli metro card di New York, karena akan melakukan banyak perjalanan dan lama stay seminggu, membeli tiket metro card untuk 7 hari. Paket metro card 7 hari ini sebesar 32 USD (berkisar Rp441 ribu). Hebatnya, pemakaian metro ini unlimited. Kapan saja Anda menggunakannya bisa dan rute mana saja sebatas rute yang dilayani metro card.

Tak hanya kereta, dengan kartu ini kita juga bisa memakainya untuk naik bus dalam kota. Bahkan sampai ferry. Pemakainnya tinggal di tap atau ditempelkan pada barcode yang tersedia, Anda langsung duduk dan jalan-jalan kemanapun suka. Batas 7 hari pemakaian kartu ini dihitung sejak Anda menggunakannya. Jika Anda menggunakan jam 9 pagi hari ini, maka pada jam 9 pagi 7 hari ke depan, baru kartu ini akan ekspire alias tidak bisa lagi dipergunakan.

Jadi pemakaian pembelian metro card Anda, sesuai kebutuhan saja. Jika hanya sehari, belilah yang sehari. Atau jika hanya akan melakukan perjalanan beberapa jam, belilah per rute saja dan kemudian jika kurang pulsanya, bisa ditop up. Car top up atau menambah “pulsa” di kartu, cukup melalui mesin- mesin tiket (vending machine) yang banyak bertebaran di setiap station.

Mesin-mesinnya tersedia dalam bahasa Inggris, Mandarin dan bahasa lainnya. Tapi sayang tidak ada dalam bahasa Indonesia. Tapi tidak sulit menggunakannya. Sekali Anda belajar, pasti bisa. Uang tinggal dimasukkan dalam slot yang tersedia untuk membeli, bisa dalam uang kertas maupun koin. Tapi dalam US dollar yah, jangan rupiah (pasti dimuntahkan lagi), hehehe.

Lalu bagaimana cara naik kereta dan bus untuk bepergian di tempat-tempat wisata menarik untuk bisa foto-foto? Akan penulis sajikan dalam tulisan berikutnya. (bersambung/ts)

Continue Reading

Berita Utama

Rudal Setan 2 Rusia Bisa Ciptakan “Kiamat”

Rusia ciptakan rudal "Setan 2"

RUSIA baru saja menciptakan rudal “Setan 2 (Satan 2)”. Rudal yang memiliki berat 100 ton ini bisa menciptakan “kiamat” sebuah negara. Rudal ini disebut bisa menghancurkan area seluas Texas, di Amerika Serikat, memiliki kecapatan 4,3 mil (7 km) per detik dan telah dirancang untuk mengalahkan semua sistem perisai anti rudal.

Di Indonesia, luas ini hampir sama dengan Pulau Kalimantan. Luas itu juga sama dengan Perancis atau Inggris. Selain Setan 2, Rusia masih memiliki empat rudal mematikan. Berikut daftar lengkapnya:

1. Yakhont atau P-800 ONIKS

Rudal Yakhont atau P-800 ONIKS didesain untuk rudal anti kapal. Rudal ini dijuluki NATO sebagai SS-N-26 ini memiliki panjang 8,9 meter, berdiameter 0,7 meter dan berat mencapai 3100 kilogram. Dengan hulu ledak 250 kilogram, rudal dapat menjangkau 300 kilometer dan ketinggian antara 10 hingga 14 ribu meter. Indiandefensenews.in

Rudal ini didesain untuk rudal anti-kapal yang dikembangkan oleh Mashinostroyeniya dengan versi pengembang dari P-80 Zubr. Pembangunannya dimulai pada 1983 dan 2001 dapat diluncurkan dari darat, laut melalui kapal selam atau udara.

Rudal SS-N-26 ini memiliki panjang 8,9 meter, berdiameter 0,7 meter dan berat mencapai 3.100 kilogram. Dengan hulu ledak 250 kilogram, rudal dapat menjangkau 300 kilometer dan ketinggian antara 10 hingga 14 ribu meter.

2. Topol-M

Rudal yang membawa muatan senjata nuklir seberat 1 ton ini dijuluki Topol-M atau RT-2UTTH, salah satu rudal milik Rusia yang mampu mencapai sasaran sejauh 10,5 ribu kilometer. Topol-M memiliki panjang 21,9 meter, berdiameter 1,9 meter dengan berat mencapai 47,2 ton. Vitalykuzmin.net

Rudal yang membawa muatan senjata nuklir seberat 1 ton ini dijuluki Topol-M atau RT-2UTTH. Rudal ini mampu mencapai sasaran sejauh 10,5 ribu kilometer. Topol-M memiliki panjang 21,9 meter, berdiameter 1,9 meter dengan berat mencapai 47,2 ton.

Topol-M adalah intercontinental balistic missiles (ICBM) yang pertama dikembangkan oleh Rusia setelah pecahnya Uni Soviet. Saat ini rudal tersebut berada dalam layanan pasukan Roket Strategis Rusia, rudal tersebut dikembangkan oleh Institut Teknologi Termal Moskow (MITT) yang merupakan versi upgrade dari rudal Topol RS-12M.

3. KH-59

KH-59 ini adalah rudal milik angkatan udara Rusia yang dilengkapi kamera berbahan bakar powder (bubuk). Dengan diameter 1,25 kaki (0,3 meter) dan panjang 18,45 kaki (5,6 meter) rudal ini memiliki berat 2.046 kilogram. Wikimedia.org/Allocer

KH-59 ini adalah rudal milik angkatan udara Rusia yang dilengkapi kamera berbahan bakar powder (bubuk). Rudal ini memiliki hulu ledak yang lebih besar dari versi standar. Selain itu, KH-59 memiliki sistem pemandu ganda dan sebuah mesin turbo jet RDK-300 buatan Soyuz (Union) OKB.

Rudal ini muncul pertama kali pada bulan November 1991 di Dubai, ketika diluncurkan KH-59 berakselerasi dengan mesin berbahan bakar bubuk kemudian beralih ke mesin turbo jet. Dengan diameter 1,25 kaki (0,3 meter) dan panjang 18,45 kaki (5,6 meter) rudal ini memiliki berat 2.046 kilogram.

4. Yars atau RS 24

Yars atau RS-24 merupakan rudal balistic (peluru kendali) termonuklir antar benua atau intercontinental balistic missiles (ICBM) milik Rusia. Rudal ini membawa hingga 10 hulu ledak dengan 250 kiloton dengan target independen. Wikipedia.org

Yars atau RS-24 merupakan rudal balistic (peluru kendali) termonuklir antar benua atau intercontinental balistic missiles (ICBM) milik Rusia. Yars pertama kali diuji pada 29 Mei 2007. Rudal ini menggantikan rudal tua R-36 dan UR-100N yang digunakan hampir 50 tahun.

Rudal ini membawa hingga 10 hulu ledak dengan 250 kiloton dengan target independen. Produksi pertama dimulai pada tahun 2004, menurut informasi, RS-24 mampu menembus target yang sangat terlindungi. Dalam uji cobanya, dari Plesetsk di barat laut Rusia dan mencapai sasarannya di daerah penembakan Kura di Kamchatka di timur Rusia.

5. RS-26 Rubezh/ Avangard

RS-26 Rubezh merupakan perbaikan Yars atau RS-24, jenis rudal balistik termonuklir antar benua. Rudal ini berbahan bakar padat dan dilengkapi dengan kemampuan terbang 11 ribu kilometer dan diperkirakan mencapai target seluruh Amerika. DefenseWorld.Net

RS-26 Rubezh merupakan perbaikan Yars atau RS-24, jenis rudal balistik termonuklir antar-benua. Rudal ini berbahan bakar padat dan dilengkapi dengan melengkapi dengan kemampuan terbang setinggi 11 ribu meter dan diperkirakan mencapai target seluruh Amerika.

Dengan hulu ledak hipersonik 1,2 megaton di stadium lanjut dibuat tahun 2014. RS-26 disebut sebagai rudal anti-radar dan tidak mudah dideteksi. Beratnya lebih ringan dari generasi sebelumnya RS-24 yaitu 80 ton. (tnc/usatdy)

Continue Reading

Berita Utama

Presiden Trump Usulkan Agar Guru Dipersenjatai

Buntut Aksi Penembakan di Sekolah

MEMPERSENJATAI para guru dapat mencegah penembakan di sekolah seperti peristiwa di Florida pekan lalu yang menewaskan 17 orang. Hal ini disampaikan Presiden AS Donald Trump. “Seorang staf pengajar yang dipersenjatai dengan pistol, bisa mengakhiri serangan itu dengan sangat cepat,” kata Trump.

Trump melontarkan usulan tersebut setelah seorang penyintas pembantaian 14 Februari dengan emosional mendesaknya untuk memastikan bahwa kejadian seperti itu tidak akan pernah terjadi lagi.

Di sisi lain, Trump juga mendukung seruan untuk memperketat pemriksaan latar belakang para pembeli senjata. Sementara korban selamat lainnya melobi para anggota parlemen Florida untuk memberlakukan ketentuan pengendalian pemilikan senjata.

“Kita akan sangat ketat dalam pemeriksaan latar belakang, dengan penekanan yang sangat kuat pada kesehatan mental orang,” kata Trump kepada siswa-siswa dari Marjory Stoneman Douglas High School pada acara di Gedung Putih yang disiarkan televisi.

“Ini tidak akan lagi sekadar omongan seperti di masa lalu,” tambahnya. Trump juga menyatakan mendukung sebuah proposal yang sejak lama diupayakan oleh National Rifle Association (NRA), sebuah kelompok lobi senjata yang kuat.

Dia berjanji untuk “sangat kuat” dalam menyerukan dipersenjatainya para pendidik dengan senjata api.
“Jika guru mahir menggunakan senjata api,” katanya, “mereka bisa mengakhiri serangan dengan sangat cepat.” (sbr/*)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: