Connect with us

Mitra

James Sumendap Lawan Kotak Kosong

James Sumendap (kiri) mengantongi dukungan parpol-parpol terhadapnya.

PILKADA Minahasa Tenggara (Mitra) 2018 berpeluang besar hanya diikuti satu pasangan calon alias tunggal. Hal ini terjadi karena Pasangan James Sumendap-Jesaja Jocke Oscar Legi telah mendapat dukungan 8 parpol dengan jumlah 24 kursi. Satu-satunya partai yang lepas adalah Nasdem yang notabene hanya memiliki satu kursi.

Hampir bisa dipastikan, Sumendap-Legi akan melawan kolom atau kotak kosong di kertas suara. Mekanismenya, untuk pasangan calon tunggal harus meraih dukungan lebih dari 50 persen suara.
Jika perolehan suara pasangan calon tunggal di bawah 50 persen, mereka dinyatakan kalah.

Dalam Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada diatur bahwa pemilihan dengan satu pasang calon dapat dilaksanakan dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Salah satunya adalah, setelah dilakukan penundaan dan sampai dengan berakhirnya masa perpanjangan pendaftaran, hanya terdapat satu pasangan calon yang mendaftar dan berdasarkan hasil penelitian pasangan calon tersebut dinyatakan memenuhi syarat. (ts/*)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mitra

Tidak Ada Hubungan Gempa di Palu dan Letusan Soputan

GUNUNG Soputan di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, meletus. Berita meletusnya Soputan tersebar sampai di media luar negeri dan disebutkan lokasi Soputan masih satu pulau dengan daerah bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Namun para ahli mengatakan, tidak ada hubungan gempa di Palu menjadi pemicu letusan Soputan.

Ahli Geofisika Nazli Ismail mengatakan, tidak ada bukti konkret untuk menunjukkan bahwa kedua insiden itu terkait. “Orang-orang membicarakan tentang efek kupu-kupu. Konsepnya adalah ketika kupu-kupu mengepakkan sayapnya, itu bisa menyebabkan bencana, “katanya. “Jadi mungkin gempa bumi memicu letusan gunung berapi, tetapi tidak konklusif. Ini perlu diselidiki. ”

Sedangkan Danny Hillman Natawidjaja, seorang ahli geologi dari Institute of Science di Indonesia, menyuarakan pandangan tersebut, mengatakan tidak ada cukup data untuk membuat tautan.
“Pada prinsipnya, gelombang seismik dari gempa dapat meningkatkan tekanan di ruang magma gunung api dan dapat menyebabkan letusan. Kami tidak tahu pasti, “katanya. Dia adalah anggota dari gempa dan tsunami Samudra Hindia, Dia adalah anggota Masyarakat Samudera Hindia.

Sedangkan Kasbani, ahli vulkanologis lainnya mengatakan, bisa saja letusan itu dipercepat oleh gempa berkekuatan 7,5 yang melanda Palu. Namun dia juga mengatakan, sebelum gempa di Sulteng, aktivitas Soputan akan meledak sudah terlihat.

“Bisa jadi gempa ini memicu letusan, tetapi kami telah melihat peningkatan aktivitas gunung berapi sejak Juli dan ini mulai melonjak pada hari Senin. “Kami tidak dapat mengatakan bahwa ada hubungan langsung, karena gunung itu cukup jauh,” kata Kasbani, kepala Badan Mitigasi Bencana dan Geologi Indonesia.

Secara terpisah, pihak BNPB mengatakan status siaga terkait letusan Soputan. “Gunung Soputan terus meletus, keluarkan lava pijar dan abu vulkanik. Status Siaga (level III).” Demikian keterangan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho lewat akun Twitter-nya, Rabu (03/10/2018) pukul 23.35 WIB.

Dengan status tersebut, masyarakat dilarang beraktivitas dalam radius 4 km. Selain itu, masyarakat dilarang beraktivitas di dalam area perluasan sektoral ke arah barat-barat daya dalam radius 6,5 km dari puncak. “Untuk menghindari guguran lava maupun awan panas,” tukasnya.

Tinggi kolom abu vulkanik Gunung Soputan sendiri sempat mencapai 4-6 km di atas puncak kawah atau 5,8-7,8 km di atas permukaan laut. Aliran lava pijar erupsi Gunung Soputan ini teramati ke arah timur laut sejauh 2,5 km dari puncak kawah. Bahkan debu Soputan sempat dirasakan sampai di Kota Manado. (ts/sbr)

Continue Reading

Minsel

INI DAFTAR CALON TETAP ANGGOTA DPRD PROVINSI SULUT DAPIL V (MINSEL-MITRA)

BERDASARKAN ketentuan Pasal 26 dan Pasal 28 ayal (3) Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota, KPU Provinsi Sulawesi Utara telah menetapkan Daftar Calon Tetap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Utara pada Pemilihan Umum Tahun 2019 yang diajukan oleh Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2019. Berikut Daftar Calon Tetap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Utara pada Pemilihan Umum Tahun 2019 yang diumumkan KPU Provinsi Sulawesi Utara.

Daerah Pemilihan IV (Minsel-Mitra)

Sumber: KPU Daerah Provinsi Sulawesi Utara.

Continue Reading

Berita Utama

Gubernur Resmikan RSUD Mitra Sehat

GUBERNUR Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE bersama Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, SH menandatangani prasasti peresmian Rumah Sakit Umum Daerah Mitra Sehat di Minahasa Tenggara, Senin (4/12/2017) siang. Terungkap dari laporan Kepala Dinas Kesehatan Rini Tamuntuan RSUD tersebut dibangun sejak tahun 2015. “Dengan tiga lantai, terdiri dari ruang administrasi, UGD dan Poliklinik,” ujarnya.

Dia menjelaskan, sumber dana pembangunan RSUD tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2015 Rp 15 Miliar ditambah lagi pada 2016 Rp 33 Miliar. “Namun dikarenakan ada pemotongan anggaran dari pusat tahun 2016, maka dibangun bangunan rawat inap 2 lantai, bangunan instalasi bedah sentral, bangunan radiologi dan bangunan intensive care unit,” ujarnya.

Sesuai Permenkes 54 tahun 2014 mengenai rumah sakit keberadaan RSUD ini katanya sudah memiliki ijin dari kementrian kesehatan RI. “Sehingga RSUD ini siap dioperasikan dimana sudah ada tenaga spesialis penyakit dalam, spesialis bedah, spesialis kandungan dan spesialis anak serta dokter umum dan tenaga paramedis perawat bidan yang siap melayani,” ungkapnya.

Adapun peresmian itu turut dihadiri Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, Wakil Bupati Minahasa Tenggara Ronald Kandoli, para pejabat Pemprov Sulut dan Pemkab Mitra. (humas pemprov)

Continue Reading

Berita Utama

7 Oktober Temu Teknis, Mantiri: Aturan Perlombaan HUT ke-55 P/KB GMIM Dipertegas

Pnt Ir Maurits Mantiri

TERKAIT Perlombaan Paduan Suara dan kegiatan lainnya menyambut HUT P/KB GMIM ke-55 nanti,
Komisi Pria Kaum Bapa (P/KB) Sinode GMIM (SG) telah menetapkan jadwal “Temu Teknis” para peserta.
Sesuai rencana, temu teknis tersebut akan digelar Sabtu 7 Oktober 2017 nanti di Jemaat GMIM Syalom Esandom, Wilayah Tombatu Timur. Demikian penjelasan Ketua Pnt Ir Stefanus BAN Liow (SBANL), Sekretaris Pnt Herwyn Malonda SH MPd dan Koordinator Bidang Minat Bakat Pnt Ir Maurits Mantiri.

“Kami mengundang dan mengharapkan kehadiran Pokja Kesenian P/KB SG, Komisi dan Tim Kerja Aras Jemaat, manajer tim, untuk mengikuti Temu Teknis Temu Teknis perayaan HUT Ke-55 ini,” ungkap Pnt Maurits Mantiri. Pria yang kesehariannya menjabat Wakil Walikota Bitung ini, mengatakan pada temu teknis nanti akan diberikan penegasan aturan-aturan sebagaimana tertuang dalam pola baku, sekaligus penetapan jadwal dan urut naik panggung.

“Pada perayaan HUT P/KB GMIM kali ini, kami dan panitia akan lebih tegas menerapkan aturan,” kata Mantiri. Sementara itu Pnt SBANL dan Pnt Malonda meminta kepada wilayah dan jemaat agar benar-benar mengikuti aturan. “Jangan ada lagi peserta yang mengatasnamakan jemaat padahal yang bersangkutan tidak terdaftar di wilayah atau jemaat tersebut. Peserta adalah warga P/KB GMIM sesuai tata gereja,” ujar SBANL dan Malonda seperti dilansir situs Pokja Infokom P/KB Sinode GMIM.

Untuk itu, kata mereka, Ketua BPMJ nantinya saat memberikan kredensi, harus benar-benar memperhatikan anggota peserta yang ada dan menghindari menandatangi daftar peserta yang masih kosong. “Ayo kita bersama sama ramaikan perayaan HUT Ke-55 P/KB GMIM, 27-29 Oktober 2017 di Wilayah Tomohon Dua nanti,” kata mereka senada. (pkj/ts)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: