Connect with us

Minduk

ROR-RD Mulai Realisasikan Janji Politik

SEDERET janji politik yang pernah disampaikan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa, Ir Royke Octavian Roring M.Si dan Robby Dondokambey SSi (ROR-RD) kepada masyarakat pada masa kampanye Pilkada beberapa waktu lalu, mulai direalisasikan. Salah satunya, tekad meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberian jaminan kesehatan yang layak sebagaimana tertuang dalam program-program prioritas yang pernah dijanjikan ROR-RD.

Komitmen itu dibuktikan dengan ditandatanganinya perjanjian kerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Tondano terkait penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi penduduk kabupaten Minahasa dalam rangka Universal Health Coverage.

Dengan Demikian Penduduk Minahasa berhak mendapatkan pelayanan Kesehatan Gratis di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). Yang lebih membanggakan, penandatanganan kerjasama dilaksanakan di Gedung Wale Ne Tou Minahasa, Kamis (27/9), atau hanya berselang 3 hari pasca keduanya resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Minahasa oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE atas nama Menteri Dalam Negeri RI berdasarkan Keputusan menteri Dalam Negeri RI nomor :231.71-5952 dan 231.71-5953 Tahun 2018 tanggal 12 september 2018.

Sementara menyangkut bidang sosial kemasyarakatan, ROR-RD tak menunggu waktu lama untuk merealisasikan program-program yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat. Terbukti dengan dialokasikannya anggaran bantuan dana duka senilai Rp 4 Miliar yang telah ditata dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kabupaten Minahasa tahun 2018 imi.

Anggaran tersebut telah ditetapkan melalui Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa, Jumat 14 September lalu. “Bantuan dana duka akan mulai direalisasikan bulan Oktober 2018 atau setelah APBD Perubahan selesai dievaluasi pemerintah provinsi. Jadi masing-masing keluarga yang mengalami duka akan mendapat bantuan dari pemerintah sebesar Rp 2,5 juta,” ungkap ROR-RD.

Tak hanya itu, janji politik keduanya untuk membuka pelayanan secara langsung kepada masyarakat juga langsung didorong melalui program R3D (Reaksi Respon Relief Daerah) Comment Center. “Jadi apabila ada keluhan dari masyarakat dapat disampaikan nanti melalui R3D Call Center supaya dapat ditanggulangi secara bersama. Program ini ke depan akan terus kita kembangkan,” papar duet top ekskutif Minahasa yang sukses menjawarai Pilkada Minahasa 27 Juni 2018 lalu.

Sedangkan untuk program-program lain yang pernah disuarakan pada masa kampanye lalu, ROR-RD berkomitmen dan berjanji akan merealisasikannya secara bertahap. “Yang pasti apa yang menjadi visi misi saya dan pak Robby Dondokambey akan kami laksanakan sebab itu telah menjadi tugas dan tanggungjawab kami, yaitu mewujudkan Minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya, berjaya dalam keadilan dan kesejahteraan. Bersama rakyat kami berkomitmen untuk menjadikan Minahasa yang lebih hebat ke depan,” tandas ROR.(hms/ts)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Trending

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: