Connect with us

Boltim

Pemilik Galian C Sepelekan Pemkab Boltim

PEMILIK galian c di Bolaang Mongondow Timur (Boltim), rupanya hanya menganggap sepele imbauan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terkait segera menggurus izin.

Buktinya, masih banyak galian c di Boltim tidak memiliki izin. Bahkan ada beberapa tahun terakhir tak megantongi izin namun tetap beroperasi. “Hampir semua galian c di Boltim tak kantongi izin. Kami selalu mengingatkan hingga mengunjungi kantor perusahaan, namun belum juga ada upaya menggurus izin,” terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Boltim Harun Manoppo.

Disebutkannya, saat ini galian C di Boltim hanya satu perusahaan mengantonggi izin, yakni galian C di Desa Molobog, Kecamatan Motongkad. “Itupun mereka kembali diminta melengkapi dokumen izin, sebab ada wilayah tidak masuk dalam permohonan,” sebut Manoppo.

Kata dia, meskipun izin tambang kini menjadi kewenangan Pemprov Sulut, namun izin Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (ULP) sebagai syarat untuk mendapat rokomendasi operasional tambang masih kewenangan daerah. “Harus UKL dan UPL dulu, selanjutnya mengajukan permohonan izin tambang ke Pemprov Sulut,” ujar Manoppo.

Menurutnya, izin UKL dan UPL sangat penting sebagai bagian dari prosedur berjenjang dalam pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA). “Galian C ada aturanya. Perusahaan dilarang melakukan operasi jika tidak lengkap dokumen, karena ini sangat merugikan daerah dan masyarakat,” tegasnya.

Terpisah, salah satu anggota DPRD Boltim Nasrudin Simbala mendesak agar instansi terkait bertindak tegas terhadap tambang ilegal. “Meskipun kewenangan tidak ada, namun koordinasi dengan Pemprov Sulut harus dimantapkan. Jika pelaku usaha tidak Koopratif tentu pemerintah harus mengambil keputusan tegas hingga menutup tambang,” saran Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini. (fac)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Trending

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: