Connect with us

Boltim

ASN Yang Masuk Parpol Akan Segera Ditindak

KETUA Komisi I DPRD Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sofyan Alhabsy, mendesak agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim segera menindaki Aparatur Sipil Negara (ASN) terbukti masuk Partai Politik (Parpol).

“Ketentuan kan melarang ASN berpolitik. Sebab jangan sampai mengangu pelayanan kepada masyarakat, sehingga pihak kepegawaian harus tegas dalam hal ini,” terang Alhabsyi.

Namun menurutnya, hak politik setiap warga negara diatur oleh undang-undang, sehingga pemerintah memberikan pilihan kepada ASN yang bersangkutan. “Beri pilihan, jika ingin menjadi anggota parpol tentu harus mundur dari ASN, jika masih ingin jadi ASN tentu harus ada sanksi agar menjadi contoh bagi ASN lain agar tidak melanggar rambu-rambu kepegawaian,” terang Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Menanggapi itu, Kepala Badan Kepegawain Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Boltim Robbi Mamonto mengatakan, pihaknya sudah melalukan penelusuran nama-nama ASN melalui data ASN pusat. “Ada dari 31 ada 18 ASN yang masih aktif. Sementara sisanya sudah pensiun,” bebernya.

Mamonto mengaku, pihaknya tengah melakukan kajian terkait pelanggaran yang dilakukan oleh ASN. “Jelas ASN dilarang berpolitik. Jika terbukti tentu ada sanksi tegas, mulai dari penurunan pangkat bagi staf dan non aktif dari jabatan jika ada pejabat yang terlibat hingga dipecat dengan tidak hormat,” jelasnya.

Dikatakannya, ASN aktif yang masuk anggota Parpol akan dimintai keterangan. Menurutnya, penerapan sanksi melalui mekanisme sidang disiplin ASN. “Kita masih menunggu rekomendasi dari Panwaslu. Yang bersangkutan akan diberi pilihan, apakah mengundurkan diri atau tetap menjadi ASN,” pungkasnya. (fac

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Copyright © 2017 PT. Tren Sulut Media Cemerlang l By. MIT

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: