Connect with us

Berita Utama

Pramuka Sulut Antusias Ikuti JOTA 2017

Kegiatan JOTA 2017 yang digelar di Sekretariat ORARI Daerah Sulut.

RATUSAN siswa Pramuka di Sulawesi Utara antusias mengikuti Jambore on The Air (JOTA) 2017 yang dimulai 20 Oktober 2017 kemarin. JOTA di Sulut yang difasilitasi ORARI, digelar di empat tempat, masing-masing di Sekretariat ORARI Daerah Sulut, ORARI Lokal Bitung, ORARI Lokal Minahasa dan Talaud.

Kegiatan JOTA di Orlok Bitung.

Terlihat siswa pramuka penuh semangat mendengarkan pembinaan terkait komunikasi radio amatir band. Mereka lebih bersemangat ketika praktek langsung dan berhasil melakukan komunikasi dengan sejumlah amatir radio di Indonesia. “Kami awalnya mengira komunikasi amatir radio itu hanya biasa saja, ternyata besar daya jangkaunya. Ini menarik bagi saya,” aku David Runtuwene, Siswa SMA Negeri 7 Manado yang berkesempatan melakukan komunikasi radio dalam program tahunan tersebut.

David yang mengaku bercita-cita menjadi tentara ini mengatakan, dia ingin belajar lebih banyak lagi tentang komunikasi radio tersebut. Apalagi dalam berkomunikasi, kata dia, bisa menjangkau seluruh dunia sehingga memiliki kesempatan untuk berkenalan dengan berbagai amatir radio dari seluruh dunia, sekaligus mempraktekkan bahasa Inggris.

JOTA digelar di Talaud.

Sebelum pelaksanaan JOTA di Sekretariat ORDA Sulut di Jalan 17 Agustus, Jeffry Mambu (YB8UA) selaku Penanggungjawab Station JOTA 2017 (YB8ZQ), memberi pengarahan kepada para siswa pramuka. Mambu sendiri selain anggota ORARI, merupakan pengurus Kwarda Pramuka Sulut.

Turut memberikan materi mengenai cara berkomunikasi di band amatir radio, Johny Sumeisey (YB8TON) dari Pengurus ORDA Sulut. Pelaksanaan JOTA 2017 di Sulut yang dibuka Wakil Ketua Orda Sulut, Friko Poli (YB8SQ) ini, akan digelar sampai 22 Oktober 2017 mendatang.

Di hari pertama JOTA ini, terlihat para amatir radio berpengalaman yang telah terkenal di dunia DX, turun langsung memberi pengarahan dan pembinaan kepada para siswa pramuka. Di antaranya Syariefudin (YB8RW) di Orlok Bitung.

Secara terpisah, Sekretaris ORDA Sulut, John Rembet (YB8QF) mengatakan, JOTA ini tidak saja dalam scope nasional, namun internasional, karena kegiatan kerjasama pramuka dengan amatir radio ini turut digelar secara rutin di berbagai negara di dunia. Dia juga menambahkan, kegiatan amatir radio seperti JOTA tersebut, turut berkorelasi dalam bidang pariwisata. “Lewat komunikasi band amatir radio yang menjangkau seluruh dunia, kita berkesempatan mempromosikan daerah kita,” aku Rembet. (ts/*)

 

 

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Copyright © 2017 PT. Tren Sulut Media Cemerlang l By. MIT

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: