Connect with us

Berita Utama

Bos…Bos….Mulai 2020 Ini, Dana BOS Langsung ke Rekening Sekolah

Published

on

MULAI tahun 2020 ini, penyaluran dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) bakal ditranfer langsung dari pemerintah pusat ke rekening sekolah. Pemerintah Daerah sendiri tidak lagi menyalurkan dana BOS, melainkan hanya memonitoring.  Hal ini diungkapkan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Ainun Naim.

“(Penyalurannya) dari Kementerian Keuangan langsung ke sekolah. Ini supaya lebih efisien dan lebih cepat tersalur karena jalurnya langsung,” kata Ainun dilansir Media Indonesia, Rabu (15/01/ 2020). Ainun menjelaskan, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berkordinasi dengan Kemenkeu untuk memberikan data setiap sekolah guna menentukan jumlah dana yang dibutuhkan. Sedangkan pemerintah daerah yang sebelumnya turut menyalurkan dana BOS saat ini bertugas memonitor kinerja sekolah.

“Sekolah-sekolah sekarang di bawah pemerintah daerah, SD dan SMP untuk Kabupaten dan SMA untuk Provinsi. Mereka memonitor terkait kinerja sekolah,” ujarnya. Sedangkan terkait pengawasan dalam pengelolaan dana BOS ke depannya, Ainun mengatakan, sudah ada perangkat-perangkat yang bertugas untuk mengawasi. (mi/sbr)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2017 PT. Tren Sulut Media Cemerlang l By. MIT