Connect with us

Berita Utama

Bertobat, Preman Berjuluk “God Father Jakarta” Ikut Kristus

Published

on

DI era tahun 1990-an siapa tak kenal John Kei. Pria bernama lengkap John Refra Kei, kelahiran Tutrean, Pulau Kei, Maluku ini mengalami “masa jaya” di dunia preman saat itu .

Bahkan dia dikenal sebagai preman sadis. Tak piker panjang untuk menghabisi nyawa orang lain yang bertentangan dengannya atau yang mencoba menghalanginya. Catatan kriminalnya yang cukup panjang memuatnya banyak ditakuti masyarakat ibu kota Jakarta. Dia bahkan disandingkan dengan mafia Italia dan diberi gelar ‘Godfather Jakarta’ karena bisnis jasa pengamanan, penagihan, konsultan hukum dan pemilik sasana tinju Putra Kei.

Namun semua kekuasaannya runtuh setelah dirinya jadi tersangka pembunuhan Direktur PT Sanex Steel Tan Harry Tantono (Ayung) pada tahun 2013. Seperti dilansir jawaban.com, waktu itu, John divonis 16 tahun penjara. Sebagian besar kurungan dijalaninya di rumah tahanan Sel Khusus Nusakambangan yang penjagaannya super maximal. Beratnya hukuman yang harus dia jalani membuat John berpikir untuk mengakhiri hidup di sel penjara.

Tapi suatu kali, John mengalami hal yang supranatural dimana dia mulai berpikir tentang surga dan neraka. “Kalau saya mati, saya mau masuk surga. Bukan masuk neraka karena bunuh diri,” katanya. Momen itu membawa John untuk bertahan dan menjalani hukumannya sampai tuntas. “Saya dulu tidak pernah ada waktu untuk ibadah. Tapi Nusakambangan membawa Tuhan hadir di diri saya,” katanya.

Di Nusakambangan, dirinya mulai mendekatkan diri kepada Tuhan. Dia mulai rajin mengikuti pembinaan dan ibadah serta membaca Alkitab. Sejak bertobat, John bahkan diangkat jadi pemimpin rohani penjara dan berkhotbah bagi para narapidana. Di sana dia juga mengisi kesehariannya dengan membantik.

Meski awalnya divonis 16 tahun penjara dan baru menjalani hukuman selama kurang lebih 6 tahun, John Kei akhirnya dibebaskan bersyarat pada 26 Desember 2019 lalu dan akan menjalani masa percobaan sampai 31 Maret 2026. Setelah bebas, dirinya telah melakukan beberapa kegiatan, salah satunya terjun ke dunia politik. Kita berharap pilihannya untuk masuk surga akan selalu menuntunnya melakukan tindakan-tindakan yang benar dan jadi berkat bagi banyak orang. (jwb)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2017 PT. Tren Sulut Media Cemerlang l By. MIT