Connect with us

Berita Utama

Laporan Tindak Pidana Pemilu FER Prematur Rompas: Bawaslu Jeruk makan Jeruk

LAPORAN dugaan tindak pidana Pemilu yang ditujukan kepada Felly Estelita Runtuwene (FER) menyusul kejadian pada tanggal 28 Januari di Unima Tondano Minahasa dinilai prematur. Hal itu ditegaskan Kuasa Hukum FER Denny Rompas dalam sidang kedua Rabu (13/3) siang tadi.

Bahkan Rompas menyebutkan kalau laporan dari bawaslu minahasa Legal Standing karena tidak bisa dibuktikan. “Legal Standing, karena laporan tersebut tidak bisa dibuktikan,” tegas Rompas saat diwawancarai wartawan usai sidang.

Diungkapkan Rompas sesuai denga peraturan no 7 tahun 2018 pasal 25-26 dan 27 bahwa yang menjadi pelapor adalah Warga Negara Indonesia (WNI), bukan bawaslu yang merupakan penyelenggara.

“Lucu kalau yang jadi pelapor ini bawaslu, itu seperti jeruk makan jeruk namanya. Apalagi dalil yang dikemukakan adalah dalil yang sudah pernah dibantah bawaslu, notabenenya merupakan anggota sentra gakumdu,” tandasnya sembari menyayangkan kalau gakumdu yang terdiri dari Polisi, jaksa dan bawaslu terkesan tidak konsisten.

“Produk yang sudah dibantah diangkat kembali, itu kan lucu namanya. Prosesnya pantas disebut prematur,” pungkas Rompas kembali.

Terpisah, Rendy Umboh selaku bawaslu minahasa mengatakan, proses yang dilakukan dalam persidangan murni pelanggaran andministrasi terkait dengan tindakan, aktivitas atau kegiatan yang melanggar tatacara atau prosedur pemilu.

“Ini soal pelanggaran administrasi tekait dengan aktivitas yang memenuhi unsur kampanye, yang tidak patut dan menyalahi prosedur, masa kita akan biarkan saja, harus ada konsekuensi terhadap itu. Dan kita laporkan itu sebagai bentuk dari suatu temuan,” beber Umboh.

Untuk diketahui, sidang lanjutan akan dilaksanakan pada hari Jumat 15 Maret 2019 dengan agenda pembuktian. “Agenda sidang berikut yakni pembuktian dari sisi pelapor. Pihak pelapor harus menyiapkan saksi dan bukti-bukti untuk memperkuat laporan,” tukas Ketua Bawaslu Sulut Edwin malondah yang memimpin sidang. (rol)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Copyright © 2017 PT. Tren Sulut Media Cemerlang l By. MIT

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: