Connect with us

Berita Utama

Indonesia Tolak Bantuan Kapal Rumah Sakit ke Palu dari AS

PRESIDEN AS Donald Trump ingin membantu korban bencana di Sulawesi Tengah dengan mengirimkan kapal rumah sakit raksasa. Namun niat Trump itu ditolak Indonesia. Hal ini ditegaskan lewat Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

“Tidak, kami tidak menerima [bantuan kapal rumah sakit dari AS],” kata Kalla di kantornya, Jakarta, Selasa, 2 Oktober 2018. JK menjelaskan bahwa pemerintah menolak tawaran Trump di kapal rumah sakit karena jumlah unit yang ada cukup, dan belajar dari tsunami sebelumnya di Aceh pada tahun 2004, di mana hanya ada lima pasien yang datang ke kapal.

JK juga menekankan bahwa bantuan seperti mengirim lebih banyak pasukan atau kapal rumah sakit, tidak diperlukan. Indonesia, kata dia, memprioritaskan bantuan asing dalam bentuk bantuan rekonstruksi.
Sebelumnya, Presiden Trump, dalam konferensi pers di Gedung Putih, menyampaikan belasungkawa ke Indonesia atas gempa bumi dahsyat dan tsunami di Palu dan Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.

Presiden Trump mengatakan bahwa ia telah mengerahkan tim tanggap bencana pertama, personel militer, dan tim lain untuk menangani dampak bencana tersebut. Hal ini merespons pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengatakan bahwa pemerintah akan menerima bantuan internasional untuk para korban di daerah-daerah yang dilanda bencana.

Sebanyak 18 negara termasuk Amerika Serikat, Prancis, Republik Ceko, Swiss, Norwegia, Hungaria, Turki, Uni Eropa, Australia, Korea Selatan, Arab Saudi, Qatar, Selandia Baru, Singapura, Thailand, Jepang, India, dan China menyatakan kesediaannya untuk membantu Donggala dan Palu yang terkena gempa. (tnc/sbr)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Copyright © 2017 PT. Tren Sulut Media Cemerlang l By. MIT

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: