Connect with us

Berita Utama

Bartagana Eksis Demi Kemanusiaan

Published

on

Bartagana eksis dalam berbagai kegiatan rescue

KETIKA hujan deras dan angin keras melanda Manado dan Sulawesi Utara (Sulut) umumnya, perintah siaga langsung dikumandangkan. Sejumlah rescuer Bartagana pun langsung siap, menanti petunjuk pimpinan. Begitu mendengar adanya bencana akibat cuaca ekstrim, anggota Bartagana yang dipimpin langsung Erwin Tandaju langsung turun lapangan.

Tanpa mengenal lelah, anggota Bartagana yang selalu tampil dengan seragaam ciri khas oranye hitam ini, menjangkau berbagai lokasi bencana. Hebatnya, operasional mereka dilakukan swadaya, tanpa bantuan pemerintah. “Kami lakukan ini semua semata-mata demi kemanusiaan. Anggota yang ada juga berjiwa fight semua, kapan dan situasi apapun mereka langsung turun jika ada bencana,” aku Tandaju yang merupakan Ketua Bartagana Sulawesi Utara.

Bartagana sendiri merupakan kepanjangan dari Bohusami Amatir Radio Tanggap Bencana. Organisasi kemanusiaan yang bergerak di bidang komunikasi radio dan penanggulangan bencana ini, sebagian besar merupakan anggota amatir radio di Sulawesi Utara.

Kunci eksistensi Bartagana adalah panggilan hati untuk kemanusiaan dan kekompakan. Menurut Erwin, dalam berorganisasi anggota Bartagana merasa sudah seperti keluarga. “Ini yang membuat kekompakan Bartagana selalu terjaga,” ungkap Erwin bangga.

Bartagana sendiri lahir untuk membantu kemanusiaan lewat bantuan komunikasi radio. Namun seiring eksistensinya, Bartagana mengupgrade diri untuk bidsang menyelamatan dan pencarian korban. Berbagai pelatihan rescue pun dilakukan dan diikuti anggota Bartagana yang datang dari berbagai profesi ini.

“Awalnya kami semata bantuan komunikasi radio amatir, namun dengan ikutnya beberapa anggota dalam pelatihan rescue serta mengantongi sertifikat pelatihan rescue, maka kami kini menerjunkan diri dalam upaya penyelamatan. Dalam aksi di lapangan kami selalu berkoordinasi dengan Basarnas,” tambah Johny Sumeisey, Sekretaris Bartagana Sulut.

Kini Bartagana telah mengembangkan sayapnya sampai di kabupaten/kota. Jumlah anggota Bartagana terus bertambah mencapai ratusan. “Puji Tuhan, banyak anggota masyarakat yang menyatakan kesediannya untuk bergabung setelah melihat misi kami yang semata-mata demi kegiatan kemanusiaan,” aku Tandaju. (ts/*)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Trending

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: